Jasa Recovery Data: Pengertian dan Jenis Media Penyimpanan Data

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Kembali lagi dengan teknisi data dan repair hard disk. Semoga info kali ini secara umum bisa menambah ilmu mengenai galaksi jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, repair hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Kebanyakan dari kita memakai komputer begitu saja, bagaimana detail hardware yang ada di dalamnya. Padahal ada banyak sekali hardware dalam komputer yang kita pakai setiap hari dan mungkin akan bermanfaat kalau kita mengetahui 1 atau 2 hal lebih dalam tentang hardware tersebut.

Source: Quora

Di antara berbagai hardware tersebut ada satu yang menarik yaitu media penyimpanan data. Mengapa menarik? Dikarenakan ada banyak sekali jenisnya namun semuanya memiliki satu tujuan yang sama yaitu menyimpan data yang telah kita buat dengan software atau data yang kita hasilkan melalui pengoperasian komputer.

Untuk media penyimpanan data sendiri bisa kita definisikan secara mudah yaitu segala sesuatu hardware yang fungsi utamanya adalah membantu untuk menyimpan data yang telah kita hasilkan atau kita proses. Tetapi bukan hanya menyimpan saja tentunya media penyimpan data atau storage media juga perlu untuk memiliki fungsi pengambilan data sehingga data yang telah disimpan dapat dibaca ulang. Adapun jenisnya sangat beragam dan semuanya sesuai definisi tadi, dipakai menyimpan data.

Beberapa Jenis Penyimpanan Data

Di antara beberapa jenis media penyimpanan data yang populer adalah:

  1. Hard Disk

Harddisk adalah media penyimpanan data yang berupa piringan atau disk. Piringan ini berbentuk lingkaran tepatnya berbentuk cakram, yang dia bekerja dengan cara berotasi atau berevolusi sebanyak ribuan kali dalam 1 menitnya. Yang seringnya dan paling umum adalah 5.400 rotasi per menit kalau disingkat 5.400 RPM, dan banyak juga yang memakai kecepatan 7200 RPM. Keunggulan penyimpanan data yang satu ini adalah murah/terjangkau jika dihitung dengan besaran ukuran data yang bisa disimpan

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware lebih sering menerima client yang membutuhkan jasa recovery data dari media penyimpanan yang satu ini.

  1. Floppy Disk

Dulu sekitar tahun 1980-an, media penyimpanan data berbentuk floppy disk adalah yang paling populer. Akan tetapi sekarang jadi floppy disk ini sudah jarang dipakai karena agak repot penggunaannya, mudah rusak dan juga kapasitasnya pun tidak sebesar media penyimpanan modern seperti harddisk contohnya.

  1. Memory Card

Memory card adalah media penyimpanan data yang ukurannya cukup kecil, ukurannya mirip dengan kartu, maka itulah dia disebut sebagai memory card yaitu kartu yang menyimpan memori atau data. Memory card ini beragam bentuknya dan beragam form factornya. Yang cukup populer adalah SD card dan Micro SD. Untuk ini biasanya dipakai pada gadget portable seperti kamera, di mana dia berfungsi untuk menyimpan banyak file foto dan video dari kamera.

  1. Flash Disk

Ini sangat sering kita pakai mungkin ya di setiap harinya. USB flash disk adalah versi ringkas dari hardisk atau bisa dibilang harddisk mini dengan kelebihan portabilitas yang tinggi. Kelebihannya ini yaitu mudah dibawa kemana-mana membuatnya menjadi pilihan bagi banyak orang untuk melakukan transfer data berukuran agak besar tanpa perlu menggunakan koneksi internet. Kekurangannya adalah sering kali kecepatannya tidak secepat media penyimpanan data seperti SSD atau harddisk, akan tetapi tetap saja yang menjadi pilihan banyak orang karena lebih praktis dan juga harganya ekonomis.

  1. DVD dan CD

DVD atau Digital Video Disc, dan juga CD atau Compact Disk adalah 2 jenis media penyimpanan data berbasis optical. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan laser yang dipanaskan sehingga membuat grooves atau lubang-lubang pada permukaan piringan DVD dan CD, yang nantinya diterjemahkan sebagai angka 0 atau 1 oleh komputer. Di mana kombinasi angka 0 dan 1 ini nantinya merupakan representasi dari data yang disimpan oleh pengguna.

Untuk dua hal yang ini sebenarnya bisa dibilang bukanlah teknologi yang terlalu lama, akan tetapi sejak 5 tahun terakhir sudah mulai banyak ditinggalkan oleh orang-orang. Sudah jarang laptop atau desktop keluaran generasi terbaru yang menggunakan DVD dan CD, karena kebanyakan orang sudah lebih memakai Flash Disk sebagai media storage portable yang memang lebih praktis dan kapasitasnya pun lebih besar dibanding CD juga DVD.

  1. Solid State Disk

Solid state disk atau biasa disingkat SSD adalah media penyimpanan generasi baru yang memiliki kelebihan kecepatan luar biasa tinggi. Karena berbasis NAND maka kecepatannya bisa hingga 5 atau 10 kali lebih cepat dibandingkan hardisk. Kecepatan ini membuat SSD menjadi primadona baru untuk penyimpanan data utama bagi banyak orang.

Namun dibalik kelebihannya tersebut SSD memiliki kekurangan juga ya Itu harganya masih cukup mahal jika dibandingkan dengan storage media generasi lama yaitu hard disk. Untuk biaya penyimpanan data per terabyte bisa dibilang harga Solid State Disk/SSD masih 4-5 kali lebih mahal dibandingkan hardisk. Karenanya banyak yang menyiasati hal tersebut dengan menggunakan SSD sebagai media penyimpanan sistem, lalu hardisk sebagai media penyimpanan data.

Kiranya sekian dulu untuk update kali ini. Harapan kami informasi ini dapat menambah wawasan terkait jasa recovery data dan beragam permasalahan terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Moga-moga sajian ini sedikit-banyak membuka wawasan tentang berbagai hal itu.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery