Kioxia Menawarkan Recovery Data Ke SSD Berbasis Ethernet

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Jumpa lagi bersama Ahli Data. Semoga tutorial kali ini secara garis besar bisa mencerahkan terkait detail jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Kebanyakan para penyedia jasa recovery data sejauh ini menggunakan cara tradisional dalam menaruh file hasil recovery mereka. Biasanya mereka akan menaruh hasil recovery di dalam harddisk ataupun di dalam SSD temporary. Sebagian juga ada yang menaruhnya pada storage media berbasis LTO yang menawarkan kemampuan penyimpanan data ekstra besar namun memiliki kekurangan yakni lambatnya kecepatan random akses pada media berbasis LTO.

Kesemuanya bisa dibilang adalah cara tradisional yang memerlukan koneksi direct attached storage atau media storage penyimpanan data terhubung langsung ke laptop atau server yang melakukan proses recovery. Padahal ada salah satu cara lain baru yang bisa digunakan yang membuat proses penyimpanan data lebih mudah, tidak tergantung kepada satu storage media yang terattach langsung software atau laptop recovery. Proses baru ini menggunakan teknologi SSD yang digabungkan dengan ethernet, dan biasa disebut dengan teknologi Ethernet Bunch of Flash (EBOF), salah satunya seperti ditawarkan oleh Kioxia.

Source: Kioxia

Mungkin masih banyak dari kita yang tidak pernah mendengar nama Kioxia. Hal ini sangat wajar karena memang bisnis utama Kioxia saat ini tidak menjual langsung ke end user atau customer seperti kita, akan tetapi memilih bisnis model B2B atau Business to Business, sehingga klien terbesar Kioxia adalah perusahaan-perusahaan besar dan juga data center. Maka sangat wajar jika user seperti kita tidak pernah atau sangat jarang mendengar nama perusahaan ini.

Walau perusahaan Kioxia bukanlah yang terbesar tetapi ada sebuah inovasinya yang sangat menarik yang dibutuhkan oleh kita sebagai perusahaan jasa recovery data untuk menghasilkan solusi recovery data yang lebih nyaman dipergunakan dan juga bisa lebih tinggi performanya dibandingkan dengan metode yang biasa kita gunakan untuk menyimpan hasil recovery data secara temporary. Solusi yang diperkenalkan oleh Kioxia untuk keperluan ini adalah EBOF (Ethernet Bunch of Flash drives).

EBOF (Ethernet Bunch of Flash drives) bisa dibilang merupakan sebuah revolusi baru penyimpanan data dimana pada sistem EBOF (Ethernet Bunch of Flash drives) aksesoris media tidak terletak langsung terhubung ke pada laptop atau server komputer yang dipergunakan oleh kita. Akan tetapi pada sistem ini storage Media memiliki koneksi berbasis ethernet/LAN, di mana pada setiap SSD yang mereka pergunakan ditanam controller ethernet Marvell. Lalu kumpulan dari 24 SSD drive mereka ditanam di dalam sebuah chasis khusus yang diperuntukkan untuk koneksi berbasis EBOF (Ethernet Bunch of Flash drives).

Selanjutnya dari sana SSD bisa diakses sebagai device ethernet dengan kemampuan dan kecepatan berbasis NVMe. Hal ini membuat user korporat, user data center dan bahkan penyedia layanan recovery data bisa dengan mudah menggabungkan kapasitas dari sekian puluh SSD sekaligus dan mengaksesnya secara mudah melalui jaringan lokal.

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) tentunya sangat senang dengan teknologi baru ini. Bagi Anda yang masih sulit membayangkan bagaimana detail teknologinya, jika digambarkan secara diagram kurang-lebih maka seperti berikut:

Perbedaan Dengan Sistem NAS Konvensional

Jika kita perhatikan ada kemiripan antara sistem yang baru ini dengan NAS atau Network Attached Storage. Namun tentu ada perbedaannya jika tidak ada tentu tidak disebut sebagai sebuah sistem yang baru. Maka, apa perbedaan antara sistem SSD-EBOF ini dengan sistem penyimpanan data konvensional seperti NAS pada umumnya?

Perbedaan terutama terlihat pada tujuan pembentukan sistem ini. Sistem berbasis SSD-EBOF lebih ditekankan bagi sistem yang membutuhkan kemampuan penyimpanan data berlatensi rendah dengan bandwidth yang tidak teragregasi, bandwidth kecepatan tinggi, dan dengan storage yang highly available. Sistem ini bukan dirancang untuk menjadi sebuah sistem super duper cepat, akan tetapi dirancang untuk menjadi sebuah sistem yang handal dan reliabel. Project penyimpanan data yang di rancang menggunakan konsep SSD-EBOF nanti akan mudah dan cocok diaplikasikan untuk edge computing, kebutuhan korporasi dan juga data center berbasis cloud.

Nah tentunya hal ini merupakan sebuah berita gembira bagi Anda yang menjadi pengusaha atau perusahaan penyedia jasa recovery data dengan jumlah client ratusan atau bahkan ribuan, dimana dengan solusi SSD-EBOF ini anda bisa menggabungkan banyak sekali disk atau drive untuk penyimpanan data temporary serta data arsip dari klien anda secara lebih mudah.

Pertanyaan selanjutnya mungkin yang ada di kepala anda adalah tentang performa dari sistem ini. Berapa kecepatan baca tulisnya? Berapa kapasitas yang dapat ditampungnya? Secara umum dari pihak Kioxia akan dapat memberikan supply sistem ethernet SSD ini dalam kapasitas 1.92TB, 3.84TB dan 7.98TB. Untuk speed bisa menghasilkan output random IOPS di kisaran angka 670.000 SSD atau sekitar 16 juta IOPS lebih per chassisnya. Tentunya ini sebuah angka yang luar biasa cepat dan luar biasa besar untuk kebutuhan mayoritas data recovery services provider seperti kita.

Yang menarik dari setiap SSD akan bisa menghasilkan speed koneksi ethernet hingga mencapai angka 25 GBe atau 25 giga bit per second, yang setara sekitar 3 GByte data dalam setiap detiknya detik. Hal ini tentu membuat proses recovery data dari dan ke jaringan SSD ethernet ini bisa berjalan sangat cepat dan sangat menyenangkan. Sehingga tidak masalah walaupun Anda harus melakukan pemulihan data dari hardisk berukuran besar, karena kecepatan baca dan tulisnya sudah jauh di atas kebutuhan kita.

Baiklah sampai di sini untuk informasi kali ini. Semoga posting ini banyak menambah ilmu tentang jasa recovery data dan semua tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Semoga entry ini bisa menambah wawasan tentang semua tersebut.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!