Storage Jasa Recovery Data: OWC Digital LTO Pro

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang lagi bersama masternya data. Semoga jurnal kali ini secara overview sedikit mencerahkan mengenai belantara jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Salah satu masalah dalam bisnis jasa recovery data adalah bagaimana untuk menyimpan data hasil recovery secara efisien? Hal ini dikarenakan kebanyakan drive ukurannya sangat besar, sehingga penyimpanan sementara data yang berhasil dikembalikan sering sangat menghabiskan tempat. Sebagaimana kita ketahui harddisk sekarang ukurannya telah menembus angka terabyte. Ini tentu membuat pusing para penyedia jasa recovery data, dikarenakan biaya untuk menyimpan arsip data sangatlah besar.

Nah sekarang hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah karena OWC Digital sekarang telah menyediakan media penyimpanan data berformat LTO berukuran ekstra besar, tepatnya puluhan terabyte dengan harga terjangkau dan space yang compact

Source: OWC Digital

OWC Digital Mercury Pro LTO adalah salah satu solusi penyimpanan data berukuran ekstra besar yang dibutuhkan oleh mereka yang menggunakan data dengan jumlah luar biasa. Dalam hal ini AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) termasuk salah satu target market mereka.

Spesifikasi OWC Digital Mercury Pro LTO

OWC Digital Mercury Pro LTO merupakan penyimpanan data berbasis pita magnetik, yang bisa menghasilkan ROI hingga 577% dan total biaya pembelian hingga 55% jika dibandingkan dengan harddisk biasa. Dalam kondisi data terkompresi file yang bisa ditampung mencapai hingga 30 terabyte, sebuah jumlah yang luar biasa besar untuk media penyimpanan data di kuartal ke-3 tahun 2020 ini.

Jenis penyimpanan data yang dipergunakan bukan hardisk atau SSD sebagaimana umumnya media penyimpanan data yang ada di sekitar kita, juga bukan berbasis flash. Akan tetapi format yang digunakan adalah format Linear Tape-Open (LTO), yang bekerja dengan menggunakan pita magnetik di mana Data akan ditulis pada pita magnetik tersebut. Anda bisa membayangkannya seperti kaset pada tape recorder atau alat pemutar musik yang populer pada tahun 1990-an.

Kelebihan dari sistem atau teknologi penyimpanan data berbasis Linear Tape-Open (LTO) ini adalah densitas data yang ditampung bisa menjadi sangat besar, akan tetapi memiliki kekurangan dari sisi kecepatan akses data secara random yang akan lambat sekali. Karenanya model penyimpanan data berbasis Linear Tape-Open (LTO) ini tidak cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, akan tetapi sangat cocok untuk menyimpan data yang yang bertipe atau bersifat arsip, dimana biasanya ukurannya besar akan tetapi jarang dipergunakan atau jarang diakses.

Fitur Penting Dalam Recovery Data

OWC Digital Mercury Pro LTO memiliki beberapa fitur penting yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan jasa recovery data, dimana fitur-fiturnya akan membuat penyimpanan data menjadi lebih efisien dan ekonomis. Diantara fiturnya adalah kemampuan untuk menyimpan data dalam ukuran terkompres hingga 30 terabyte per tape cartridge. Di mana tape cartridge ini bisa anda copot dan pasang sesuai keperluan sehingga alat pembaca bisa membaca dan menulis pada puluhan cartridge berbeda.

Alat ini juga memiliki kemampuan baca yang beragam, mulai dari cartridge dengan tipe IBM LTO 8, LTO 8, LTO 7. Selain itu kemampuannya dalam menyimpan data sangatlah baik yakni hingga 30 tahun retensi data. Device ini juga LTFS compatible sehingga Anda akan dapat melihat file dan folder dalam format standar di laptop atau komputer anda, bahkan Anda bisa melakukan operasi drag-and-drop dengan mudah.

Untuk melakukan mounting, formatting dan juga proses backup ke dalam cartridge tape LTO sangatlah mudah dengan menggunakan aplikasi MyLTO yang telah disediakan. Dari sisi security sudah dilengkapi dengan enkripsi AES 256 bit sehingga menjadikan data yang tersimpan didalamnya aman dari mata-mata yang ingin melihat. Bagaimana jika Anda membutuhkan kemampuan untuk baca tulis pada cartridge bertipe WORM karena peraturan pemerintah atau kebutuhan recovery data? Tenang saja OWC Digital Mercury Pro LTO bisa melakukannya juga. Dan jangan khawatir dengan kapasitasnya yang besar tersebut akan membuat proses baca tulis menjadi lambat, karena proses baca tulis dengan alat ini sangat cepat di mana dia bisa membaca hingga 900 MB per detiknya untuk data yang telah terkompresi.

Bagaimana, menarik bukan? Story super besar untuk penyimpanan hasil recovery data, dengan speed yang mengagumkan dan daya tahan penyimpanan data hingga 30 tahun, tentunya merupakan sebuah pilihan alat yang cukup hebat buat anda miliki.

OK cukup dulu untuk info kali ini. Harapan kami entry ini bisa memahamkan tentang jasa data recovery dan beragam hal tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, solusi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Harapan kami tulisan ini berhasil membuka wawasan mengenai semua ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!