Hard Disk vs LTO Untuk Jasa Recovery Data

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang lagi dengan kami spesialis data. Semoga tulisan kali ini secara global mampu membuka wawasan seputar peliknya jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Pada artikel yang telah lampau, setelah membahas tentang kelebihan dari LTO-9 dan kelebihan teknologi LTO secara umum jika dipergunakan untuk menyimpan file hasil jasa recovery data. Pertanyaannya sekarang adalah, mana yang lebih baik dipergunakan untuk penyimpanan data temporary bagi para perusahaan penyedia jasa recovery data? Apakah hardisk ataukah tape LTO? Mari kita bahas lebih lanjut pada artikel kali ini

LTO tape pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000, dan sekarang sudah mencapai generasi ke-8 atau biasa disebut dengan LTO-8. Yang sedang dalam penelitian dan pengembangan adalah generasi ke-9 atau nanti akan disebut sebagai LTO-9. Nah sebelum teknologi ke-9 ini anda sudah boleh kok mencoba menghitung-hitung bagaimana kekurangan dan kelebihan penggunaan teknologi LTO ini versus penggunaan harddisk dalam penyimpanan data.

Source: Explica.co

Melakukan back up data ke hardisk adalah cara yang populer dan juga cukup ekonomis di yang dilakukan oleh banyak toko atau perusahaan untuk melakukan arsip data, akan tetapi cara ini bisa memberikan kekurangan tersendiri yang membuat masalah jangka panjang. Pada kasus seperti ini, yaitu kasus pengarsipan data, teknologi LTO bisa memberikan solusi yang lebih baik.

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) menjelaskan hal ini sebagai berikut:

Walaupun menggunakan hardisk biasa bisa cukup murah dan mudah, yang menjadi masalah adalah pada kemampuan untuk scaling, karena melakukan scaling penyimpanan data pada harddisk tidaklah mudah. Terutama pada kasus-kasus biasa ditemui oleh para penyedia jasa recovery data, melakukan penyimpanan hasil recovery membutuhkan ukuran hardisk yang sangat besar, yang artinya ada banyak sekali data yang harus disimpan. Tidak perlu menunggu terlalu lama maka hardisk yang sudah dipersiapkan untuk penyimpanan data sementara akan langsung penuh. Ini tentunya akan membuat hardisk yang dipakai oleh perusahaan menjadi langsung penuh dan perusahaan perlu untuk segera membeli harddisk yang baru, yang berarti merupakan 1 poin tambahan pada pembukuan pengeluaran.

Karenanya untuk keperluan jasa recovery data kami lebih menyarankan mereka untuk menggunakan penyimpanan tape LTO dikarenakan banyaknya kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan hardisk untuk penyimpanan data dengan tipe arsip. Diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan Tape LTO Dibandingkan Hard Disk

Sangat mudah dipakai, tidak seperti sistem RAID pada hardisk yang biasanya sangat kompleks. Jika teknisi yang membangun sistem RAID pergi maka anda akan kesulitan untuk menemukan di mana data yang anda simpan berada. Pada sistem tape LTO anda tidak memerlukan RAID untuk bisa menyimpan data dengan besar, sehingga mempermudah pengarsipan.

Umur yang lebih panjang, mencapai 30 tahun, jauh lebih panjang dibandingkan dengan umur harddisk biasa yang hanya berkisar 3 sampai 5 tahun saja. Ini berarti kemungkinan rusak ya data dalam LTO tape menjadi jauh lebih kecil sehingga hasil pekerjaan jasa recovery data yang diberikan dapat disimpan dengan lebih lama. Bukan hanya tahan lebih lama tetapi juga data lebih tahan dari kerusakan jika disimpan menggunakan LTO tape.

Mudah sekali dipindahkan, cukup eject LTO tape dari drive pembaca maka anda bisa langsung membawa data tersebut ke tempat yang lain tanpa harus mencabut atau memasang kabel yang cukup merepotkan sebagaimana anda temukan pada hardisk atau harddrive internal. Ini seperti anda membawa USB flash disk, sangat portable hanya saja untuk LTO tape kapasitasnya jauh lebih raksasa.

Mudah diakses, anda bisa mengaksesnya langsung di Windows seperti biasa sebagaimana Anda mengakses USB flash drive.

Harga yang murah, LTO tape dikenal memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harddisk untuk menampung jumlah data yang sama. Tentunya anda sebagai penyedia jasa recovery data sangat membutuhkan hal yang satu ini, karena jumlah data yang harus anda tampung sangat-sangat banyak, dengan harga yang lebih murah per byte-nya anda akan dapat menghemat pengeluaran dan mengalokasikannya untuk pembelian hardware lain atau software lain yang anda butuhkan. Dapat juga anda alokasikan untuk biaya tenaga kerja/teknisi di perusahaan.

Kekurangan Hard Disk

Dilihat dari berbagai kelebihannya di atas maka sangat wajar jika dikatakan bahwa LTO tape lebih direkomendasikan bagi mereka yang membutuhkan pengarsipan data dengan kapasitas besar dan daya tahan tinggi, serta biaya yang murah. Walaupun memang ada kekurangannya yaitu speed akses yang lebih rendah dibandingkan hardisk.

Sebaliknya, penggunaan harddisk untuk pengarsipan jangka panjang memiliki beberapa kekurangan yang cukup membuat kita harus berpikir dua kali. Yang paling pertama adalah Tingginya tingkat kerusakan hard drive jika harus diputar dan dinyalakan terus-menerus, yang membuat data hasil recovery menjadi hilang tak berbekas. Selain itu juga masalah koneksi hardware hardisk yang sangat cepat perubahan standardnya, ini dapat membuat kesulitan saat kita harus mengupgrade hardware tersebut. Munculnya koneksi jenis baru membuat koneksi jenis lama menjadi tidak dapat diakses atau dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pemenangnya Adalah …

Secara umum ada banyak kelebihan penggunaan LTO tape untuk pengarsipan hasil jasa recovery data. Yang paling penting adalah daya tahan yang lebih tinggi mencapai 30 tahun, akan tetapi ini biasanya hanya menjadi konser pada perusahaan besar. Untuk perusahaan kecil yang lebih menjadi konsen adalah biayanya dan simplisitasnya jika dibandingkan dengan melakukan backup ke pada hardisk atau hard drive.

Satu saja yang menjadi masalah yaitu biaya untuk pembelian alat dan cartridge LTO tape lebih mahal dibandingkan pembelian harddisk atau harddrive biasa. Akan tetapi dilihat dalam jangka waktu yang panjang solusi penyimpanan data menggunakan LTO tape akan menjadi lebih murah dibandingkan dengan hardisk. Inilah yang harus menjadi pertimbangan bagi pemilik perusahaan dan manajer keuangan, mereka harus membandingkan apakah dana yang dipergunakan untuk membeli LTO tape sudah sebanding dengan kelebihan yang diberikan olehnya?

Akan tetapi menurut kami jika Anda memang bisa dan mampu membelinya maka gunakanlah LTO tape, dikarenakan biayanya akan lebih murah secara signifikan jika dibandingkan spinning drive biasa. Walaupun biaya di awal lebih mahal tetapi ke depannya anda akan menghemat uang lebih banyak jika menggunakan solusi LTO tape.

Tampaknya ini dulu untuk edisi kali ini. Moga-moga postingan ini bisa menambah wawasan tentang jasa data recovery dan beragam hal tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga-moga tulisan ini berhasil menambah ilmu seputar semua ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!