Penyedia Jasa Recovery Data Bersiap Menggunakan LTO

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Jumpa lagi dengan teknisi data. Moga-moga info kali ini secara overview sedikit-banyak menginspirasi seputar semesta jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Pada dua artikel Sebelumnya kita telah membahas tentang Bagaimana penggunaan LTO tape sebagai media penyimpanan alternatif untuk para penyedia jasa recovery data, utamanya untuk menyimpan data hasil recovery mereka yang membutuhkan ukuran sangat besar. Kita telah membahas tentang penggunaan generasi LTO tape 8 dan LTO tape 9 dalam menghadapi kebutuhan space data yang lebih besar yang dihadapi para data recovery service provider. Pertanyaannya adalah, apakah penggunaan LTO tape ini akan menjadi mainstream di waktu mendatang?

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) akan membahasnya untuk Anda.

Source: LTO.org

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi biaya per GB dari sebuah storage technology atau teknologi penyimpanan data, di antaranya: densitas track, densitas area, dan panjang atau ukuran media. Mari kita lihat pada variabel kunci yaitu densitas area. Densitas area pada sistem penyimpanan data maksudnya adalah kemampuan penyimpanan data yang berbanding dengan ukuran fisik. Dengan menggunakan partikel penyimpanan data yang lebih kecil, mata akan lebih banyak Data yang bisa ditaruh di dalam ruangan yang sama atau area yang sama, sehingga akhirnya menghasilkan densitas area yang lebih tinggi.

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh INSIC Tape Technology Update, peningkatan densitas area pada harddisk telah menurun kecepatannya hingga 80% pada sekitar 10 tahun terakhir jika dibandingkan dengan 6 tahun sebelumnya. Dan juga dibahas pada jurnal tersebut bahwa pengurangan densitas area pada harddisk sering dikompensasi dengan penambahan jumlah platter dan jumlah head pada harddisk drive. Dilihat dari sisi ini maka kedepannya akan ada ketidakpastian mengenai kemampuan scaling penyimpanan data di hard disk drive. Ini tentu perlu menjadi pertimbangan para penyedia jasa recovery data.

Berbeda dengan penggunaan teknologi LTO tape. Jika kita memperhatikan tentang LTO tape, kita akan mendapati bahwa densitas area pada teknologi ini jauh lebih rendah dibanding teknologi harddisk drive, bahkan bisa dikatakan bahwa kemampuan densitas areanya hanyalah setengah dari jumlah densitas area pada harddisk drive. Sehingga bisa dikatakan bahwa dengan besarnya kapasitas penyimpanan LTO tape yang ada pada hari ini, itu pun masih menyisakan banyak sekali ruang untuk improvement lanjutan dengan menggunakan partikel penyimpanan data yang lebih kecil dibandingkan dengan partikel penyimpanan data yang ada pada hari ini. Sebagaimana dijelaskan pada jurnal INSIC tersebut, kami kutip di sini:

“… Sebuah hard disk 12 terabyte harus menggunakan 923 GB/inch^2 densitas area, dibandingkan dengan kapasitas yang sama menggunakan cartridge LTO-8 yang hanya menggunakan densitas 8.5 GB/inch^2. Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk mencapai kapasitas penyimpanan data yang sama, densitas area yang dibutuhkan pada sebuah LTO tape hanyalah 1/108 densitas area yang digunakan oleh hardisk pada teknologi hari ini. Kombinasi dari luas tab yang besar dan juga kemampuan untuk meningkatkan densitas area di masa mendatang adalah kunci utama mengapa kapasitas LTO tape bisa bertambah sekitar 40% per tahunnya”.

Maka bukan tidak mungkin dalam waktu beberapa tahun mendatang LTO tape akan menjadi alat penyimpanan utama bagi temporary image yang dihasilkan para penyedia jasa recovery data, mungkin termasuk kami.

Penggunaan LTO Pada Selain Jasa Recovery Data

Tetapi bukan hanya para penyedia jasa recovery data yang akan memanfaatkan kemampuan super besar dari penyimpanan data berbasis LTO tape. Banyak bidang lainnya yang membutuhkan penyimpanan data besar juga akan merasakan nikmatnya teknologi penyimpanan data yang sangat besar ini. Diantaranya adalah mereka yang bergerak dibidang media seperti perusahaan televisi, di mana mereka akan dapat memanfaatkan teknologi LTO tape untuk mengaktifkan film yang mereka produksi.

Seperti yang dilakukan oleh GPM, sebuah perusahaan laki-lakientertainment televisi yang berbasis di kota Moskow negara Rusia. Mereka adalah perusahaan televisi yang memiliki 6 channel popular termasuk TNT, TV3, Friday dan juga Super. Dengan tayangan andalan mulai dari jenis romantic hingga komedi. Mereka menggunakan teknologi LTO tape untuk kebutuhan mereka dikarenakan beberapa kelebihannya seperti:

  • Penyimpanan video yang sangat besar
  • Kemampuan untuk membersihkan atau mengosongkan disk
  • Penyimpanan konten digital yang dapat diandalkan dengan akses yang mudah
  • Pemeliharaan jangka panjang terhadap konten yang mereka produksi

GPM mengetahui bahwa mereka harus menjaga dan menyimpan konten-konten yang mereka produksi dengan cara yang terjangkau. Dalam sebuah wawancara Aleksey Kotikov, Lead Engineer for GPM-ETV’s Digital Archive Complex, menjelaskan bahwa setelah mereka melakukan analisa tentang penyimpanan berbasis disk versus penyimpanan berbasis LTO tape, mereka menyimpulkan bahwa LTO tape lebih cocok untuk mereka karena bisa diperbesar hingga kapasitas 20 petabytes, memberikan mereka ruang yang sangat besar untuk dapat bertumbuh kedepannya. Semua material dari setiap klien, termasuk material sumber dan material yang akan ditayangkan di arsipkan dalam LTO tape selama 24 jam setiap harinya.

Perlu diketahui bahwa setiap LTO-8 tape bisa menyimpan data hingga 12 terabyte jika tidak terkompresi, dan bisa mencapai 30 terabyte jika terkompress. Biaya penyimpanan data dengan menggunakan LTO tape hanya berkisar sekitar 50% dari biaya yang dibutuhkan jika menggunakan solusi penyimpanan berbasis hardisk, dengan kemampuan pengembangan kapasitas dan kecepatan di masa yang akan datang.

Jadi walaupun Anda bukan seorang pemilik usaha yang berbidang di jasa recovery data, anda tetap bisa menggunakan teknologi LTO tape untuk mengefisienkan biaya operasional perusahaan anda dan memberikan Anda kemampuan untuk menyimpan data dengan jauh lebih banyak kedepannya.

Kami rasa itu dulu untuk info kali ini. Semoga informasi ini dapat menginspirasi tentang jasa recovery data dan semua hal tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga tutorial ini bisa menambah ilmu mengenai segala sesuatu ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!