Berkurangkah Client Jasa Recovery Data Dengan Adanya SSD Warning Failure?

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Bertemu kembali bersama kami pejuang data. Moga tulisan kali ini secara mendasar mampu menginspirasi tentang belantara jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, service hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Salah satu faktor yang mempengaruhi income dari penyedia jasa recovery data adalah jumlah kerusakan harddisk ataupun SSD yang ada di pasaran. Tentu mereka tidak mengharapkan data Anda hilang, walaupun mereka memang tentunya mengharapkan agar Anda menggunakan jasa mereka dalam membantu proses pemulihan atau pengembalian data yang hilang.

Salah satu teknologi yang cukup membuat pusing mereka, para data recovery service provider, adalah teknologi SSD. Di satu sisi mereka masih kesulitan untuk mengembalikan data dari teknologi baru ini karena belum banyak hardware yang mendukung pemulihan data dari storage media yang satu ini. Di sisi lain sekarang pengguna SSD sudah mulai akan mendapatkan warning jika SSD yang mereka gunakan hampir mati di sistem operasi Windows 10.

Bagaimana detailnya? AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) mencoba membahasnya dengan lebih detail pada artikel di bawah ini.

Source: PCMag

SSD bisa jadi lebih cepat, bahkan jauh lebih cepat dibandingkan harddisk mekanis, akan tetapi mereka tidak imun atau kebal terhadap kerusakan. Dan SSD biasanya rusak secara tiba-tiba, tidak seperti hardisk yang memiliki tanda-tanda tentu sebelum kerusakan menyimpannya seperti bunyi yang mengganggu. Microsoft dengan Windows 10 mencoba untuk mengatasi bahaya kerusakan tiba-tiba terus dengan menyediakan fitur monitoring kesehatan SSD pada rilis terbarunya.

Pada pengumuman mengenai Windows 10 Insider Preview Build 20226, Brandon LeBlanc yang menulis di Windows Insider Blog menjelaskan tentang fitur monitoring kesehatan ini. Dia menjelaskan bahwa fitur ini di desain untuk mendeteksi abnormalitas pada SSD berbasis NVMe. Jika ada abnormalitas terdeteksi pada SSD maka akan muncul sebuah notifikasi atau peringatan di desktop pengguna. Notifikasi itu akan muncul menjelaskan bahwa “A storage device may be at risk of failure and requires your attention.” (sebuah stored media memiliki resiko rusak dan membutuhkan perhatian anda).

Pada notifikasi tersebut juga akan muncul sebuah link yang jika diklik akan membawa pengguna ke tampilan layar disk management and backup option, dimana user akan dapat mengetahui dengan lebih detail tentang penyebab munculnya notifikasi tersebut.

Jika anda sebagai pengguna melihat pop-up ini, ini adalah tandanya bahwa Anda harus segera menghentikan apapun yang sedang anda kerjakan saat itu, lalu beralih fokus untuk membackup seluruh data Anda yang terdapat pada storage bermasalah tersebut. Karena ada kemungkinan besar bahwa SSD super cepat yang anda miliki saat itu akan segera mengalami kerusakan atau akhir kehidupannya.

Selain dengan menggunakan pop-up anda juga bisa proaktif mengecek kesehatan drive Anda dengan mendatangi Settings > System > Storage > Manage disks and volumes > Properties, di mana Di sana Anda bisa melihat informasi kesehatan drive yang anda miliki. Disana Akan terdapat estimasi sisa Waktu hidup drive yang Anda gunakan, temperatur operasi, dan warning lainnya dengan teks berwarna merah. Ada juga fitur untuk melakukan backup demi kemudahan dan kenyamanan Anda. Jika anda tidak berminat menggunakan fitur backup bawaan Windows anda pun dapat menggunakan berbagai macam aplikasi atau software backup yang ada di pasaran, termasuk berbagai layanan up online yang bisa anda gunakan.

Dari sisi user tentu ini adalah hal yang bagus karena bisa menghindari kerusakan data dan juga menghindari kehilangan berbagai file penting. Akan tetapi dari sisi penyedia jasa recovery data, bisa jadi ini merupakan salah satu hal yang berpotensi besar untuk mengurangi income mereka.

Sekarang, apa posisi anda? Apakah sebagai user atau sebagai penyedia jasa? Bagaimana tanggapan Anda tentang plus minus dari fitur baru Windows 10 ini? Bagaimana perasaan Anda? Selamat merenung 🙂

Sepertinya ini dulu untuk edisi kali ini. Semoga postingan ini banyak memahamkan terkait jasa data recovery dan beragam hal terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, servis hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Semoga posting ini banyak menambah ilmu mengenai berbagai hal ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!