Kapan Service Hard Disk/SSD Bisa Dilakukan?

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Bertemu lagi dengan teknisi data dan perbaikan hard disk. Moga info kali ini secara umum dapat membuka wawasan tentang lautan jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Terkadang kita bingung kapan kita bisa melakukan servis dan kapan kita harus mencoba untuk membeli media penyimpanan data yang baru? Terkadang kita berpikir apakah hardisk/SSD yang ada sudah perlu diganti atau belum perlu untuk diganti. Bagaimana cara menentukannya? Berikut panduan dari kami.

Ditest Terlebih Dahulu

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware menyarankan untuk melakukan checking terlebih dahulu untuk menentukan apakah sebuah HDD/SSD sudah perlu diganti ataupun belum. Sebab dengan cara ini kita bisa menghemat waktu dan biaya yang diperlukan untuk melakukan perbaikan.

Di antara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek apakah hardisk/SSD yang anda miliki memiliki masalah logical error masalah fisik? Jika masalahnya adalah logical error maka tidak perlu membeli yang baru, tapi kan masalahnya fisik mungkin anda perlu melakukan servis jika tidak mau tidak mau harus beli yang baru.

Salah satu cara mudah untuk mendeteksi apakah problemnya berkaitan dengan masalah logic error adalah dengan berusaha melakukan format ulang hard disk yang Anda miliki. Anda bisa mencoba dengan datang ke start menu pada Windows, ketik partitions, lalu lakukan formatting pada hard disk/SSD yang bermasalah tersebut.

Cara ini akan membuat media penyimpanan data Anda terformat, dan menghapus logical error yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi ini juga bisa membuat data Anda terhapus, dikarenakan proses formatting menghapus semua bit yang terdapat dalam media penyimpanan, sehingga selain logical error terhapus data pun terhapus. Lakukan ini jika Anda merasa data yang ada di dalamnya tidak terlalu penting, atau anda memiliki backup yang bisa dipakai untuk restorasi/recovery data.

Jika Formatting Masih Gagal

Jika cara diatas masih gagal, maka kemungkinan besar masalahnya adalah masalah fisik atau hardware. Masalah seperti ini biasanya lebih rumit, karena mungkin diperlukan proses pembongkaran media penyimpanan data untuk dilakukan perbaikan pada komponen yang rusak. Selain itu cara ini lebih berbahaya karena dalam proses pembongkaran dan pemasangan kembali ada resiko kerusakan permanen pada storage media, yang ini tentunya akan membuat seluruh data tidak bisa dibaca lagi selama-lamanya.

Untuk cara yang pertama yaitu formatting, cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Akan tetapi untuk cara yang kedua yaitu pembongkaran media storage data, kami sangat tidak menyenangkan untuk anda lakukan sendiri di rumah. Hal ini dikarenakan resikonya yang besar, selain itu juga diperlukan teknik tertentu dan alat bantu tertentu yang umumnya tidak terdapat di rumah-rumah kita dan hanya terdapat di jasa-jasa recovery data dan layanan service hardisk atau SSD. Alat yang dimaksud harganya umumnya cukup mahal dan pemakaiannya pun rumit, karenanya tidak sembarangan orang memilikinya bahkan tidak sembarangan pusat reparasi hardisk atau SSD memiliki alat yang di maksud tersebut.

Baiklah sampai di sini untuk kesempatan kali ini. Moga-moga posting ini dapat membuka wawasan mengenai jasa data recovery dan segala masalah mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Moga-moga tutorial ini semakin menginspirasi tentang segala hal itu.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery