Mencegah File Terhapus Dengan Google Drive

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Bertemu lagi dengan praktisi data dan servis hard disk. Harapan kami coretan kali ini secara global semakin menginspirasi tentang galaksi jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, servis hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Sudah tentu tidak ada di antara kita yang ingin untuk mengalami kejadian file penting terhapus, data hilang ataupun drive tidak dapat terbaca. Akan tetapi kejadian seperti itu tetap saja sering terjadi di sekitar kita dan mungkin kita sendiri pernah mengalaminya. Sebenarnya ada cara mudah agar ar hal tersebut tidak terjadi pada kita yaitu dengan menggunakan layanan dari Google Drive

Source: DLTC.co

Google Drive adalah layanan gratis dari Google, sang mesin pencari yang paling terkenal di seluruh dunia, yang bisa anda pergunakan untuk menyimpan apapun dan membagikan apapun. Seperti dalam slogan keep everything, share anything. Ini bisa dibilang merupakan hardisk berbasis cloud/internet, dimana anda bisa menaruh apapun mulai dari itu video, audio, gambar, software, dokumen, dan lain sebagainya.

Kelebihan dari Google Drive adalah Anda bisa mengakses file-file yang anda simpan di sana kapanpun dan di manapun selama Anda terhubung dengan jaringan internet dengan kecepatan yang memadai. Ya memang kapasitasnya tidak akan sebesar jika anda memasang SSD atau hardisk sendiri di laptop/komputer anda, akan tetapi akan sangat membantu jika yang anda perlukan hanyalah beberapa file kecil Semata. Dengan kemampuannya tersebut Google Drive bisa menjadi data storage yang sangat fleksibel, seakan-akan USB flash disk kemanapun Anda bepergian tanpa repot membawa hardware flashdisk tersebut.

Selain dari sisi kemudahan bekerja, AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware memandang dari sisi lain. Menurut kami Google Drive ini bukan saja bisa menjadi alat kolaborasi akan tetapi bisa juga menjadi alat untuk mencegah file terhapus/hilang.

Mencegah File Terhapus/Hilang Dengan Google Drive

Bagaimana cara memanfaatkan Google Drive untuk mencegah terhapusnya file dari komputer kita? Sederhana saja, kita bisa mencoba untuk mengupload file-file penting dan menyimpannya disana. Kita bisa menaruh file dokumen source code, foto penting, scan dokumen, project penting dan lain sebagainya yang memiliki tingkat kerawanan tinggi jika hilang di Google Drive.

Kenapa ditaruh di sana bisa mencegah kehilangan data? Google Drive dikelola oleh perusahaan yang super besar yaitu Google, dan dia memiliki reliabilitas yang tinggi. Data yang anda taruh di Google Drive akan sangat secure, aman dari resiko kerusakan hard disk. Dengan demikian data Anda akan intact/tetap tidak berubah dan terhindar dari masalah korupsi data. Bisa dibilang kita seakan memperlakukan Google Drive sebagai tempat backup data kita.

Bukan itu saja, dengan menaruh di Google Drive data Anda bisa terhindar dari masalah terhapus oleh sebab virus, malware, ransomware dan yang lainnya. Karena proteksi security dari Google sangat tinggi data Anda yang berada di sana pun kemungkinan akan lebih aman dari serangan hacker dibandingkan jika anda taruh di laptop/komputer yang anda kelola sendiri securitynya.

Resiko Menaruh Data di Google Drive

Akan tetapi tetap ada resiko walau Anda menaruh di Google Drive. Resikonya adalah jika anda lupa password Google anda, maka anda akan kesulitan login dan bisa jadi kehilangan seluruh data yang anda upload ke sana. Jadi walaupun Google Drive bisa melindungi anda dari resiko penyebab file terhapus/hilang yang mungkin terjadi jika anda menaruh data di drive lokal (disk failure, malware, virus, …) anda tetap dihadapkan dengan resiko file terhapus atau hilang dikarenakan lupa password atau kau lupa cara mengakses akun Google anda yang mengakibatkan anda tidak bisa mengakses file di Google Drive.

Solusi yang lebih baik adalah anda memiliki skenario backup dengan menggunakan software khusus dan tempat penyimpanan data yang khusus, lalu bolehlah Anda juga tambah dengan penggunaan Google Drive untuk menitipkan file dan folder anda di cloud.

Nampaknya sampai di sini untuk informasi kali ini. Semoga tulisan ini semakin menginspirasi terkait jasa data recovery dan segala sesuatu terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Moga-moga posting ini semakin membuka wawasan seputar semua hal ini.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery