Faktor Kesuksesan Service Hard Disk dan SSD

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Jumpa lagi bersama kami spesialis data dan servis hard disk. Moga-moga jurnal kali ini secara global sedikit menginspirasi mengenai peliknya jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, servis hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendah dan tingginya tingkat kesuksesan pada proses recovery data. Ketika melakukan service hardisk ataupun SSD tidak dipungkiri bahwa memang tidak 100% berhasil. Seringkali ada proses reparasi dan recovery yang gagal dilakukan karena satu dan lain hal, yang membuat proses ini tidak mencapai hasil yang diharapkan.

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan dalam recovery data? Berikut beberapa di antaranya:

Faktor Dari Media Penyimpanan Data

Di antara yang paling mempengaruhi hasil yang didapatkan adalah dari media penyimpanan itu sendiri, di mana kondisi dan kualitas media penyimpanan yang datang ke service center tentunya beragam. Keragaman inilah yang juga akhirnya akan menyebabkan keragaman hasil.

Beberapa yang paling penting menurut AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware adalah sebagai berikut:

Apakah media penyimpanan data tersebut langsung dihentikan atau tidak dipakai ketika kerusakan terjadi? Semakin banyak media penyimpanan data dipakai setelah kerusakan atau kehilangan data terjadi, maka semakin kecil kemungkinan data yang telah terhapus bisa diselamatkan. Yang demikian karena semakin banyak terpakai maka ada kemungkinan data lama overwritten, sehingga tidak dapat dibaca oleh mesin pembaca data dan software recovery.

Faktor berikutnya adalah apakah sebelum dibawa ke service center sudah pernah dicoba-coba recovery sendiri di rumah? Jika sudah pernah dicoba-coba recovery sendiri maka kemungkinan ada data-data yang baik sengaja maupun tidak, yang membuat data susah dikembalikan.

Faktor lainnya adalah dari umur dan usia pakai hardware yang bersangkutan. Semakin tua maka semakin susah proses servis dan recovery yang dilakukan, karena media penyimpanan yang sudah tua umumnya memiliki sedikit atau banyak masalah dalam retensi data atau kemampuan menyimpan data.

Terlebih lagi jika harus dilakukan proses penggantian sparepart, maka semakin tua model dari storage media yang dipakai akan semakin susah proses servis yang dilakukan karena susah juga mencari spare part penggantinya. Dalam kondisi seperti ini mungkin anda harus bersiap-siap kehilangan data dalam jumlah banyak, atau membayar biaya yang besar untuk mencari spare part pengganti yang susah didapatkan.

Faktor Dari Pihak Service Center

Faktor berikutnya yang cukup mempengaruhi tingkat kesuksesan servis dan recovery adalah dari pihak jasa service dan recovery itu sendiri. Mereka berperan cukup besar dalam kesuksesan servis dan recovery data.

Di antaranya adalah apa alat yang mereka pergunakan dalam proses servis ini? Apakah mereka memakai alat khusus, ataukah memakai alat seadanya saja yang murah meriah? Biasanya dalam proses servis dan recovery data anaknya tidak sembarangan, perlu memakai alat khusus yang harganya mencapai ratusan juta rupiah dengan harga hari ini.

Selain itu perlu juga diperhatikan apakah teknisi yang mereka pakai sudah berpengalaman dalam melakukan recovery data ataukah masih atau pemula? Semakin banyak dan semakin lama pengalaman yang dimiliki teknisi dari service center yang dipakai maka semakin besar pula kemungkinan data Anda, semakin besar pula kemungkinan hardisk atau SSD Anda bisa sehat kembali. Tapi bukan berarti kalau pengalamannya sudah belasan tahun semua kerusakan bisa diperbaiki, tidak juga seperti itu, karena terkadang atau bahkan sering hardware memang sudah benar-benar dan tidak bisa diperbaiki sama sekali.

Sepertinya cukup dahulu untuk kesempatan kali ini. Harapan kami tutorial ini sukses memahamkan mengenai jasa recovery data dan beragam permasalahan mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Semoga entry ini banyak menginspirasi mengenai semua ini.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery