Faktor Penentu Harga Service Hard Disk dan SSD

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Selamat datang kembali dengan ahlidata.com dan repair hard disk. Moga-moga jurnal kali ini secara overview sedikit menginspirasi tentang planet jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, repair hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas tentang bagaimana cara menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan servis hardisk dan SSD. Telah kita bahas bagaimana faktor-faktor internal dari media penyimpanan bisa berpengaruh terhadap sukses atau gagalnya proses recovery dan service yang diusahakan. Demikian pula kita telah bahas bagaimana faktor dari service center itu sendiri dapat berpengaruh pada success rate dari pekerjaan yang dilakukan.

Pada artikel kali ini kita masih ingin membahas faktor yang terkait servis dan recovery hardisk serta SSD, tapi kali ini bukan dari faktor teknis, kita ingin membahas tentang apa saja yang mempengaruhi mahal dan murahnya biaya pengerjaan.

Faktor Internal Penentu Harga

Menurut AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware, faktor yang pertama kita golongkan sebagai faktor internal dalam kaitannya dengan mahal atau murahnya pengerjaan. Disebut internal karena memang ini dari faktor media storage data itu sendiri.

Salah satu yang patut diperhatikan adalah jenis dari media penyimpanan yang dikerjakan. Apakah merk yang dipakai umum ada di pasaran atau tidak? Semakin langka merek yang dipergunakan oleh storage media tersebut maka semakin mahal harganya karena teknik pengerjaannya tidak umum, terlebih jika harus membeli sparepart yang tentunya lebih susah didapatkan dibanding device yang mereknya umum dan sparepart-nya banyak tersedia di pasaran. Itu yang pertama.

Kedua yang perlu diperhatikan juga adalah jenis dari media storage itu sendiri, apakah hardisk atau SSD? Atau malah jenis penyimpanan data yang lainnya? Seperti dijelaskan pada artikel yang lampau bahwa pada pekerjaan SSD cenderung lebih mahal dibanding hardisk, dikarenakan lebih rumit dalam penyelesaiannya.

Lalu yang ketiga yang perlu diperhatikan adalah tingkat kerusakan dari media data itu sendiri. Semakin tinggi tingkat kerusakannya maka tentu semakin tinggi juga bayarannya.

Dan yang keempat yang perlu diperhatikan adalah ukuran atau kapasitas dari storage media yang sedang dikerjakan oleh service center. Dengan semakin bertambahnya kapasitas atau ukuran yang perlu di selesaikan, maka akan semakin lama pengerjaannya dan semakin tinggi biayanya.

Faktor Eksternal Penentu Harga

Faktor eksternal lainnya yang menentukan adalah dari pihak service center itu sendiri. Semakin tinggi skill yang dimiliki oleh mereka, umumnya charge harga akan lebih mahal. Begitu pula semakin terkenal dan semakin banyak teknisi yang dimiliki oleh service center itu maka juga akan semakin mahal, karena cost atau biaya mereka pun bertambah.

Yang kedua dilihat dari kualitas alat yang mereka pakai untuk melakukan pengerjaan recovery dan service data. Alat untuk mengerjakan service data atau recovery atau reparasi harganya sangat-sangat mahal, bahkan bisa lebih mahal dari sebuah kendaraan roda empat, serius. Nah, semakin bagus alat yang mereka miliki maka umumnya harga pun semakin mahal karena mereka harus menutupi biaya investasi yang diperlukan untuk membeli alat tersebut. Namun sebagai gantinya tentunya adanya peningkatan tingkat data yang bisa di-recover dengan alat yang lebih canggih tersebut.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah apakah layanan yang ingin anda gunakan layanan standar, maksud kami dengan kecepatan biasa, apakah ingin layanan yang lebih cepat atau express? Layanan standar tentu lebih murah tapi anda harus lebih bersabar menunggu hasil pengerjaan. Sebaliknya layanan express lebih cepat, antrian pengerjaan anda akan dimajukan lebih dahulu, akan tetapi konsekuensinya tentu harga menjadi lebih mahal. Di sinilah Anda perlu menentukan pilihan sesuai budget yang anda miliki.

Kiranya ini dulu untuk info kali ini. Harapan kami makalah ini sedikit membuka wawasan seputar jasa data recovery dan segala masalah seputar cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Harapan kami ulasan ini banyak memahamkan tentang berbagai hal itu.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery