Jangan Service Hard Disk/SSD Mandiri, Berbahaya!

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Bertemu lagi bersama masternya data dan perbaikan hard disk. Semoga tulisan kali ini secara garis besar mampu menambah wawasan mengenai rumitnya jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Dalam berbagai kesempatan kami menemukan ada kasus di mana hardisk yang bermasalah dicoba untuk dilakukan service mandiri, atau mungkin juga SSD yang bermasalah mencoba untuk direparasi mandiri oleh pemiliknya. Hal ini cukup berbahaya dan bisa menimbulkan masalah yang lebih besar dibanding masalah awalnya. Karenanya kami tidak merekomendasikan hal ini.

Ya, benar, AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware sangat tidak merekomendasikan hal ini.

Melakukan servis mandiri memang terlihat lebih cepat dan lebih murah, akan tetapi yang perlu diperhatikan bahwa walau terlihat lebih murah pada aslinya atau sebenarnya dia tidak lebih murah dibandingkan jika Anda mengirimkan harddisk atau solid state disk yang rusak ke service center yang memang expert di bidangnya. Hal ini dikarenakan jika anda melakukan servis mandiri di rumah ada resiko besar yang bisa terjadi yaitu kerusakan data lebih lanjut.

Resiko Kerusakan Saat Service Mandiri

Saat mencoba untuk melakukan servis mandiri ada sebuah resiko besar yang membayangi hardisk Anda. Yang pertama adalah terjadinya scratch apa goresan pada permukaan piringan penyimpan data atau platter, dimana jika terjadi goresan pada platter ini makan data menjadi hilang dan tidak dapat direcover sama sekali. Piringan ini sangat sensitif, karena didalamnya berisikan magnet-magnet yang membentuk gugus tertentu yang melambangkan data yang tersimpan di dalamnya.

Biasanya orang yang tidak ahli dalam melakukan servis hardisk kurang teliti dalam memakai alat atau kurang berhati-hati, sehingga terjadi goresan yang tidak disadari atau tidak dapat dihindarkan. Beda dengan jika dikerjakan di service center resmi atau service center spesialis, disana ada alat khusus untuk menjaga agar hardisk tidak bergoyang saat direparasi sehingga potensi kerusakan itu tidak muncul.

Berikutnya adalah terjadinya data yang tertimpa oleh data baru atau istilahnya overwritten. Dalam kondisi seperti ini data yang sudah tertimpa data baru akan tidak bisa terbaca oleh software recovery manapun, apa itu software recovery yang kelas rumahan ataupun kelas korporasi atau profesional. Sekali data lama anda teroverwrite oleh data baru maka bisa dibilang proses recovery data lama akan mustahil dilakukan.

Sayangnya alat-alat seperti USB docking yang biasa dipakai tidak memiliki write-block, yaitu sebuah fungsi yang mencegah terjadinya penulisan datang baru ke media penyimpanan data lama. Hal ini membuat resiko tertulisnya data baru ke media penyimpanan data yang ingin diperbaiki menjadi tinggi, dan resiko data lama tidak terbaca sama sekali menjadi berkali-kali lipat. Adapun di service center spesialis mereka menggunakan alat write blocker untuk mencegah terjadinya penulisan data baru di storage media yang sedang diproses, sehingga kemungkinan datang overwritten menjadi sangat kecil.

Resiko ke-3 adalah adanya berbagai debu halus yang masuk ke permukaan harddisk karena dibuka pada ruangan yang tidak steril. Jika debu-debu ini di atas piringan penyimpanan data maka akan berkonsekuensi data menjadi sulit dibaca oleh head atau kepala pembaca yang terdapat pada hardisk. Data menjadi tidak dapat terbaca karena saat kepala membaca terhalang oleh partikel debu yang berada di permukaan data. Adapun pada service center spesialis mereka memiliki ruang khusus yang steril atau bersih dari debu, dimana hal ini tidak akan terjadi.

Ruangan ini cukup mahal karena butuh space khusus, butuh juga filter udara ekstra bersih serta setiap keluar dan masuk ruangan ini perlu menggunakan masker dan gaun khusus sebagaimana di ruang operasi. Karenanya proses pengerjaan pada piringan data menjadi lebih bersih dan lebih aman jika dilakukan di tempat servis hardisk yang spesialis atau yang terpercaya. Hal seperti ini akan sulit sekali yang dipenuhi di rumah, karena perlu ruang khusus, alat yang mahal, selain tentunya juga butuh skill tertentu.

Baiklah ini dulu untuk edisi kali ini. Semoga postingan ini sedikit-banyak menambah ilmu terkait jasa data recovery dan berbagai hal terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Semoga sajian ini sedikit-banyak memahamkan seputar berbagai hal tersebut.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery