Clean Room – Bekal Jasa Recovery Data #3

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Jumpa kembali bersama masternya data. Semoga tutorial kali ini secara mendasar dapat menginspirasi seputar rumitnya jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, servis hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Klik link untuk membaca seluruh rangkaian artikel “Bekal Recovery Data”

1. Bekal Pertama: Pengetahuan

2. Bekal Kedua: Alat Yang Canggih

3. Bekal Ketiga: Clean Room

4. Bekal Keempat: Head Tools Etc

5. Bekal Keempat: Recovery Software

Salah satu hal yang paling sulit dalam masalah recovery data adalah recovery data hard disk, terutama pada bagian head dan platter. Hal ini dikarenakan pada bagian platter dan head pengerjaan harus dilakukan di ruangan yang sangat bersih (clean room) agar tidak ada debu yang masuk dan menempel pada head atau platter — yang mengakibatkan data menjadi error bakan hard disk menjadi rusak.

Seagate’s Clean Room, Wikipedia

Yang jadi masalah, clean room ini harganya bisa ratusan juta rupiah kalau ingin kita buat sendiri pada toko kita. Padahal ini adalah salah satu syarat agar bisa membuka casing hard disk dan membongkar platter dan head secara aman. Tentu bagi perusahaan besar ini tidak masalah, karena nilai data mereka bisa jadi puluhan bahkan ratusan kali lebih mahal dari clean room.

Akan tetapi bagi sebagian besar dari kita, … membuat clean room ini rasanya mahal sekali, ya? AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) pun masih kesulitan kalau harus memiliki clean room berharga jutaan dollar.

Benar, mahal sekali. Pada akhirnya seringkali kita hanya bisa memakai yang sedikit lebih simple, yakni Laminar Cabinet.

Biobase Laminar Cabinet, Meihua Trading

Cara kerja dari laminar cabinet ini adalah dengan membuat aliran udara di dalam ruangan menjadi satu arah. Yakni hanya ada aliran udara dari area yang sudah difilter, sehingga udara yang terkena objek di dalam ruangannya menjadi terjamin kebersihannya. Terlebih lagi karena udara yang difilter tersebut menggunakan HEPA filter yang menjamin bahwa udara yang mengalir 99.97% bebas dari partikulat kecil.

Laminar Cabinet, Terra Universal

Cukup mahal ternyata untuk bisa membuka hard drive dan mengganti platter secara professional. Belum termasuk alat lainnya dan waktu yang diperlukan pun cukup panjang. Bagaimana, Anda sudah siap untuk menjadi ahli data recovery professional?

Kiranya sekian dulu untuk kesempatan kali ini. Moga-moga tutorial ini sedikit membuka wawasan tentang jasa recovery data dan beragam hal tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga makalah ini sedikit-banyak menambah wawasan mengenai segala hal tersebut.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!