Head Tools Etc – Bekal Jasa Recovery Data #4

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang kembali bersama ahlidata.com. Semoga informasi kali ini secara general mampu memahamkan terkait sulitnya jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Klik link untuk membaca seluruh rangkaian artikel “Bekal Recovery Data”

1. Bekal Pertama: Pengetahuan

2. Bekal Kedua: Alat Yang Canggih

3. Bekal Ketiga: Clean Room

4. Bekal Keempat: Head Tools Etc

5. Bekal Keempat: Recovery Software

Setelah sebelumnya membahas tentang clean room, bekal berikutnya yang perlu dimiliki oleh sebuah perusahaan data recovery professional adalah head tools. Head tools yang dimaksud di sini adalah segala alat kerja yang terkait dengan area yang dekat dengan head hard disk, seperti platter, spindle dan motor.

HDD Surgery Tools, HDD Surgery

Head Replacement Tools

Head replacement tools (Head Combs) adalah sebuah alat yang membantu agar lebih mudah dan aman saat melakukan penggantian heads pada hard disk drives. Membantu untuk membuat penggantian head menjadi contactless.

Maksud contactless di sini adalah tidak ada kontak antara heads yang ada, atau antara heads dengan platter, pada saat pencopotan head dari hard disk donor dan pada saat pemasangan pada hard disk tujuan. Tanpa alat ini bisa terjadi sentuhan antara heads dengan heads lain atau dengan platter, yang bisa membuat goresan pada platter dan merusak data. Head replacement tools ini bisa membantu agar tidak terjadi hal tersebut.

Biasanya head combs ini dibuat spesifik untuk merek dan model hard disk tertentu, karena biasanya antar merek dan model selalu berbeda spesifikasinya.

Head Unstick Tools

Head unstick tools ini bisa dipakai untuk melepaskan heads dari platter secara aman, untuk selanjutnya dipindahkan ke ramp. Kegunaan alat ini adalah untuk meminimalisir kerusakan platter pada saat melakukan prosedur pelepasan heads. Heads diangkat sedikit lalu dipindahkan kembali ke ramp. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) ini adalah bagian yang krusial dari proses perbaikan.

Spindle Replacement Tool

Proses data recovery untuk hard disk yang motornya/mesinnya macet biasanya adalah dengan melakukan transplantasi platter ke hard disk lainnya yang motornya masih berfungsi, lalu selanjutnya melakukan transplantasi heads dan juga PCB.

Pada hard drive lama, masalahnya hanya ada pada cara melakukan sinkronisasi antara platter dan bagaimana cara menanamkan headnya. Akan tetapi pada jenis hard disk baru ada masalah baru juga: kita harus melakukan sinkronisasi vertikal dan horizontal.

Yang vertikal sama saja seperti pada hard disk lama, akan tetapi untuk horizontal ada masalah baru karena platter dan platter carrier (topi) ukurannya tidak sama, sehingga platter tidak selalu bisa ditaruh di posisi tengah. Karena itu, agak sulit untuk menaruh platter di area yang sama seperti semula.

Karena itulah platter fixation lid harus selalu dibuat sinkron setiap saat. Banyak hard disk baru memiliki penjeda antar platters yang dibuat dari metal atau plastik, pastikan Anda memindahkan ini juga saat melakukan perpindahan platter dan pastikan platter hard disk tersebut tidak bersentuhan satu sama lain. Kalau sampai bersentuhan data bisa rusak dan bukannya melakukan data recovery malah terjadi data destruction.

Motor Unstuck tools

Motor unstuck tools adalah alat sederhana yang bisa membuat recovery data pada hard disk yang rusak menjadi lebih mudah.

Cara kerjanya adalah dengan melonggarkan motor pada hard drives yang tidak sepenuhnya macet. Ini tidak bisa dipakai sebagai alternatif penggantian platter atau sebagai pengganti spindle replacement tools, akan tetapi layak dicoba sebelum melakukan prosedur data recovery yang lebih rumit.

Sepertinya cukup sekian untuk edisi kali ini. Moga-moga entry ini bisa membuka wawasan tentang jasa recovery data dan beragam permasalahan tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga-moga makalah ini dapat menambah wawasan mengenai beragam permasalahan itu.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!