Mengapa Service Hard Disk/SSD dan Recovery Data Sendiri Sering Gagal?

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Bertemu kembali bersama kami Ahli Data dan reparasi hard disk. Moga coretan kali ini secara overview sukses membuka wawasan terkait belantara jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Banyak dari kita yang jika mengalami masalah kehilangan data maka dia langsung mencoba untuk melakukan recovery data sendiri, atau jika mengalami kerusakan harddisk maka dia akan langsung mencoba sendiri. Tapi kebanyakan dari mereka yang melakukan hal tersebut menemui kegagalan di perjalanan servis atau recovery yang mereka lakukan tersebut. Mengapa bisa demikian? Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Penyebab Gagalnya Service dan Recovery Data

Kami AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware setidaknya ada beberapa poin yang bisa menjadi penyebab hal tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

Yang pertama adalah ketidaktahuan atau kurangnya ilmu dari pihak yang mencoba untuk melakukan sendiri pengerjaan recovery data atau servis harddisk tersebut. Kurangnya ilmu pengetahuan membuat data yang seharusnya bisa ditarik terkadang malah tertimpa dengan data yang baru, hal tersebut tidak akan terjadi jika dilakukan oleh yang sudah berpengalaman. Di sinilah berbahayanya melakukan uji coba pengembalian data secara mandiri, karena jika data sudah rusak dan hilang tidak dapat dikembalikan lagi.

Di sisi lain alat yang tidak memadai juga bisa menjadi penyebab gagalnya proses recovery dan servis yang dilakukan. Alat yang tidak tepat bisa membuat proses servis atau recovery gagal di tengah jalan atau bahkan sama sekali tidak berjalan. Seperti misalnya Anda menggunakan USB docking biasa untuk mengangkat data yang berat, atau data yang susah terbaca, makan hampir pasti alat tersebut tidak akan bisa melakukannya. Karena untuk membaca caca data yang sudah rusak berat perlu alat yang kelas berat juga, semisal Deepspar DDI atau PC-3000. Ini sama halnya dengan anda mencoba mengangkat beban 2 ton di atas mobil sedan, tentu tidak akan kuat. Anda perlu sebuah truk yang besar untuk bisa mengangkat beban seberat 2 ton.

Selanjutnya kurangnya skill dalam menggunakan alat tersebut. Seperti misalnya Anda memakai alat obeng yang tidak tepat maka sekrup media penyimpanan data tidak bisa terbuka. Atau Anda memakai software recovery yang tidak dipakai dengan cara yang benar, maka itu pun tidak akan membuat data bisa terbaca oleh software recovery tersebut. Ini sama seperti anda mempunyai sendok dan pisau sebagai alat di dapur, akan tetapi Anda menggunakan sendok untuk memotong daging maka tentu tidak cocok dan tidak optimal hasilnya.

Solusi Yang Ditawarkan

Solusi yang bisa dilakukan adalah sesuai dengan masalah atau faktor yang menjadi problemnya. Jika problemnya di masalah pertama, maka anda bisa mencoba mengikuti berbagai kursus recovery dan service. Tentunya ini butuh waktu dan dana lebih, ya.

Jika masalahnya adalah kekurangan alat anda perlu investasi alat recovery dan service yang khusus. Misalkan yang rusak adalah hardisk, maka anda perlu membeli alat recovery hardisk dan servis hardisk. Ini juga mahal harganya.

Jika masalahnya adalah Anda sudah punya alat tetapi tidak tahu cara menggunakannya yang baik dan benar, maka solusinya adalah Anda mencoba latihan pada media storage selain yang rusaknya tidak parah atau datanya tidak terlalu penting untuk Anda lakukan pengujian di sana sebagai bahan latihan.

Jika ketiganya Tidak mungkin Anda lakukan, atau mungkin data Anda terlalu berharga untuk hilang, atau mungkin waktu dan tenaga anda tidak memungkinkan maka jalan yang terbaik menurut kami adalah menyerahkannya kepada pihak jasa recovery dan service. Mereka sudah terlatih dan memiliki alat yang tepat yang bisa membantu Anda mengatasi problem yang menghantui anda. Cepat selesai data pun aman, anda pun bisa bernafas dengan tenang.

OK kami cukupkan dahulu untuk kesempatan kali ini. Semoga posting ini berhasil menambah ilmu mengenai jasa data recovery dan semua hal mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Moga-moga artikel ini mampu menambah ilmu mengenai segala sesuatu itu.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery