Penyebab Service Hard Disk/SSD dan Recovery Data Sering Lama

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Jumpa kembali dengan teknisi data dan perbaikan hard disk. Moga-moga tutorial kali ini secara global semakin membuka wawasan mengenai peliknya jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Kebanyakan dari kita tahu bahwa Waktu adalah uang, setidaknya bagi mereka yang berprinsip seperti itu. Walaupun banyak juga yang mengatakan bahwa waktu adalah kebaikan, bukan uang, yang maknanya setiap waktu harus diisi dengan kebaikan bukan diisi dengan hal yang menambah uang semata-mata. Demikian kira-kira terkait waktu.

Dalam dunia recovery data waktu juga memiliki porsinya yang tersendiri, dimana kita ketahui bahwa seringkali waktu untuk melakukan recovery data atau servis hardisk/SSD terkadang lama sekali bisa berhari-hari, bahkan lebih dari 1 minggu. Tidak jarang juga mencapai 2 minggu atau bahkan lebih. Padahal mungkin data yang ingin di-recovery tersebut sudah harus ada dalam waktu dekat. Pertanyaannya adalah, mengapa bisa lama seperti itu?

Baiklah, AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware akan mencoba membahasnya.

Waktu Pengerjaan Yang Lama dan Faktornya

Waktu pengerjaan yang lama dalam proses recovery data ataupun servis hardisk dan SSD dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantara hal pertama yang membuat proses perbaikan dan reparasi menjadi lama adalah tingkat kerusakan yang dialami oleh media penyimpanan data yang sedang diproses.

Semakin ringan kerusakannya maka akan semakin cepat proses reparasi yang diperlukan. Misalkan hanya ada sedikit bad sector, maka tentu ini akan cepat diperbaiki. Apalagi kalau rusaknya hanya masalah logical, di mana tidak ada kerusakan terhadap data kecuali pada struktur file system saja, yang seperti ini mungkin hanya perlu hitungan jam sudah selesai.

Beda kalau bad sector-nya banyak, maka proses reading dan re-reading perlu dilakukan secara menyeluruh ke seluruh media penyimpanan data, dan ini bisa memakan waktu hingga belasan bahkan puluhan jam. Tergantung jumlah bad sector yang banyak atau sedikit. Semakin banyak bad sector maka data semakin susah dibaca, mesin bekerja lebih keras untuk membaca hard disk, lalu nanti diproses untuk recovery. Inilah yang membuat menjadi lama.

Yang kedua,

Selain itu waktu pengerjaan datang lama juga dipengaruhi oleh pencarian sparepart yang diperlukan. Servis hardisk atau SSD dan recovery keduanya bukanlah hal yang dilakukan, sehingga tidak semua service center selalu mempunyai sparepart yang siap pakai. Belum lagi berbeda model dan berbeda merk membutuhkan sparepart yang beragam, maka sparepart biasanya tidak banyak di-stok oleh jasa recovery data. Mereka biasanya perlu untuk membeli dari pihak ketiga begitu ada orderan yang masuk, maka ini menambah waktu untuk pembelian dan menunggu barang datang sebelum akhirnya bisa dipasang.

Yang parahnya terkadang sparepart yang dibutuhkan tidak ada di Indonesia sehingga harus dilakukan proses impor dahulu agar bisa diperbaiki kembali. Dalam kondisi seperti ini tentu waktu tunggu yang diperlukan untuk barang agar datang menjadi jauh lebih lama jika dibandingkan sparepart ada di lokal saja. Sayangnya kita tidak bisa memastikan apakah sparepart yang dibutuhkan ada sebelum mengirimkan hardisk atau SSD yang rusak tersebut ke jasa recovery data dan service.

Yang ketiga,

Yang ketiga adalah faktor dari jumlah antrian yang terdapat di dalam sebuah service center. Semakin banyak antrian pekerjaan hardisk yang harus di reparasi, apa SSD yang harus di repair maka akan semakin lama juga waktu pengerjaan untuk storage media anda. Biasanya prinsip pekerjaan adalah yang lebih datang duluan maka lebih cepat dikerjakan, begitu pula sebaliknya.

Namun di sebagian service center Anda bisa mencoba mengambil paket express, dimana ada paket Express ini orderan anda akan didahulukan dibanding orderan yang masuk lebih awal. Hanya saja tempatnya ada biaya tambahan untuk mendapatkan prioritas seperti ini. Berapa biayanya? Sepertinya lebih baik ditanyakan ke service center yang Anda gunakan, karena tidak ada standar biaya yang baku.

Tampaknya cukup dahulu untuk edisi kali ini. Moga-moga makalah ini semakin menginspirasi seputar jasa data recovery dan semua hal seputar cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Semoga sajian ini sukses menginspirasi seputar segala sesuatu itu.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery