Service Hard Disk vs Servis SSD: Mana Yang Lebih Susah?

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Kembali lagi bersama spesialis data dan reparasi hard disk. Harapan kami ulasan kali ini secara umum dapat mencerahkan terkait belantara jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Sudah sejak beberapa tahun terakhir ini penggunaan harddisk mulai banyak berkurang dan digantikan dengan kedatangan Solid State Disk atau SSD. Hal ini Tentunya sedikit banyak berdampak pada berbagai jasa service hardisk yang bisa jadi mendapatkan jenis storage media baru untuk diperbaiki atau direstorasi datanya. Tentu berbeda cara restorasi pada media penyimpanan yang berbeda, pastinya perbedaan tersebut membuat adanya perbedaan pada tingkat kesulitan dalam proses recovery data.

Nah, bagaimana saja perbedaan tersebut? Dan mana yang lebih susah atau lebih mudah untuk dikerjakan? Berikut kita coba membahasnya.

Jawaban Singkat: SSD Lebih Susah

Secara umum, AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware berpendapat bahwa melakukan service hard disk lebih mudah dibandingkan dengan service pada SSD.

Secara umum kami berpendapat bahwa melakukan perbaikan pada harddisk jauh lebih mudah dibanding melakukan perbaikan pada SSD, dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya adalah hard disk sudah ada jauh lebih lama dibandingkan dengan teknologi SSD yang baru muncul beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut menjadikan berbagai software dan hardware recovery data banyak yang lebih kompatibel terhadap hardisk. Ini yang pertama.

Yang kedua, dalam melakukan proses recovery data pada hardisk kita tahu bahwa data benar-benar ada di hadapan kita yaitu pada platter yang berputar dan dapat kita lihat secara langsung. Selama platter tersebut terlihat masih baik maka data dengan mudah dapat dikembalikan, tentu dengan menggunakan alat dan metode yang tepat. Adapun pada SSD tingkat kesulitan lebih tinggi karena data ada di dalam chip yang tidak diketahui dengan pasti lokasinya di mana, selain itu software dan hardware yang ada saat ini pun tidak sebaik software dan hardware yang tersedia untuk proses recovery pada harddisk.

Masalah lainnya adalah pada solid state disk atau SSD sudah tersemat sebuah fitur yang bernama TRIM, dimana fitur ini menghabiskan dan menghapus data yang tidak terpakai secara konsisten, tujuan menjaga performa dari SSD itu. Secara performa tentu ini bagus, akan tetapi ini membuat data menjadi benar-benar sangat sulit untuk dikembalikan, karena tidak ada lagi jejaknya di dalam chip SSD tersebut.

Recovery dan Service SSD Lebih Mahal

Dari penjelasan di atas menjadi jelas kenapa tarif atau biaya service SSD cenderung lebih mahal dibandingkan perbaikan hardisk. Hal itu karena proses repair pada SSD lebih kompleks, selain juga karena penyedia layanan servis perlu untuk menginvestasikan dana lebih membeli hardware dan software yang khusus dipergunakan untuk memperbaiki SSD. Yang tentunya ini membutuhkan biaya yang sedikit.

Karenanya mungkin Anda akan menemukan HDD 1 TB dengan merek Western Digital Company (WDC) akan kena charge lebih murah dibandingkan SSD 1 TB dengan merek yang sama juga keluaran Western Digital Company (WDC).

Merawat SSD dan Hard Disk

Bagi Anda yang memiliki data di dalam solid state disk atau SSD tentu berita diatas bukan sebuah hal yang menyenangkan, karena biaya jelas lebih tinggi dibanding mereka yang menggunakan hardisk. Karenanya, rawatlah dengan baik SSD Anda, dan juga bagi anda pengguna harddisk rawatlah dengan baik hardisk anda.

Cara yang paling mudah adalah dengan tidak membiarkan komputer menyala terus-menerus jika tidak dipakai, di mana hal itu bisa mengurangi umur pakai dari hardware. Selain itu gunakan stabilizer untuk mencegah lonjakan voltase listrik ditempat Anda, juga gunakan UPS atau baterai supaya komputer anda tidak otomatis mati ketika listrik dari PLN tiba-tiba mati.

Kiranya kami cukupkan dulu untuk edisi kali ini. Moga entry ini berhasil menambah wawasan mengenai jasa data recovery dan semua mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Semoga jurnal ini berhasil menginspirasi tentang beragam hal ini.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery