SSD PS5 Yang Luar Biasa Cepat. Cocok Untuk Jasa Recovery Data?

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Jumpa kembali dengan kami masternya data. Moga posting kali ini secara garis besar sedikit memahamkan seputar lautan jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, service hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Hardisk terbaru untuk Playstation 5 bukankah hardisk, akan tetapi merupakan teknologi baru yaitu Solid State Disk/SSD. Dan SSD yang dipakai di PlayStation 5 ini sangat luar biasa, bukan seperti SSD pada umumnya. SSD yang dipakai menggunakan 12 channel memory controller. Walau kelihatannya mirip dengan SSD biasa yang menggunakan PCIe 4.0 x4 dengan form factor M.2 dengan menggunakan protokol NVMe, SSD di ini dibangun dari awal untuk kompatibilitas tinggi dengan prosesor7nm AMD SoC dan RAM 16GB GDDR6. Dan bisa dibilang SSD di ini merupakan hal yang paling penting dari Playstation 5

Source: VR4Player

Kelebihan dari SSD ini antara lain bisa melakukan transfer data hingga 5,5 GB per second melalui hardware barunya dalam kondisi uncompresses, apa bisa dibilang 2 kali kecepatan dari Xbox Series X. Dan seperti Xbox Series X, PlayStation 5 juga menggunakan hardware decompression yang khusus untuk mengurangi beban CPU dalam proses compressing dan uncompressing data. Ada I/O unit yang khusus dipakai untuk mengerjakan hal ini.

Ada beberapa kelebihan utama pada SSD yang dipergunakan oleh Playstation 5 ini. Di antaranya adalah:

  • Proses booting yang sangat cepat sekali
  • Tidak ada layar loading saking cepatnya
  • Streaming yang Ultra cepat
  • Deduplikasi data game
  • Kecepatan patch installs yang sangat tinggi

Arsitek dari PlayStation 5 menjelaskan bahwa SSD sangat penting dibandingkan hardisk pada sistem game terbaru mereka ini. Mereka mengatakan bahwa jika dibandingkan SSD versus hard disk, hardisk kecepatannya sangatlah jauh di bawah. Mereka menjelaskan bahwa harddisk atau harddisk drive menghabiskan 2/3 dari waktu yang dimilikinya untuk mencari data dan hanya sepertiga sisanya untuk benar-benar datanya. Hal itu tentu karena seek time dari Hard Drive yang memang jauh lebih lambat dibandingkan SSD.

Karenanya dalam recovery data juga akan lebih baik jika Anda menggunakan SSD dan bukan hardisk biasa. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) menyarankan Anda untuk menggunakan SSD dalam data recovery jika dilihat dari sisi kecepatannya.

Berikut kira-kira perbandingan kecepatan HDD dan SSD pada sistem PlayStation:

Source: TweakTown
Source: TweakTown

Dengan hardware custom PCIe 4.0 SSD pada PlayStation 5, Sony bisa melakukan loading data sebesar 5 GB dalam satu detik saja. Sehingga hanya dibutuhkan 0,27 detik untuk melakukan loading 2 GB. Apa bisa dibilang sekitar 100 kali lebih cepat dibandingkan hardisk. Dengan kecepatan ini maka waktu booting menjadi jauh lebih cepat, tidak ada loading screen, reload menjadi jauh lebih cepat juga.

Mungkin anda akan mengenang tentang lamanya loading game dari hardisk setelah anda mencoba SSD ini. Dengan menggunakan teknologi ini para perusahaan data recovery pun mungkin akan merasakan “kehilangan” sensasi lamanya melakukan proses recovery data dari storage media para client.

Duplikasi Data Game Berkurang

Sebagai orang yang sedang memainkan game tentu anda akan merasakan perbedaan yang sangat nyata. Baik saat anda melakukan booting, loading atau reloading semua akan terasa jauh lebih cepat. Selain itu dengan kemampuan SSD yang sangat cepat ini akan membuat duplikasi pada game menjadi jauh lebih sedikit, yang artinya proses pembuatan game menjadi lebih efisien.

Dengan demikian anda dapat merasakan pada saat karakter anda di dalam game berputar tekstur akan langsung dapat terlarut dengan instan. Dalam 0.5 detik sistem dapat melakukan loading 4 GB compressed, hal ini mengakibatkan seluruh tekstur dapat langsung diload ke dalam RAM dan ditampilkan di layar. Menjadikan pengalaman bermain menjadi impresif sekali.

Lebih Hemat Daya

Satu hal yang kita ketahui bersama melalui pengalaman sebagai penyedia jasa data recovery adalah SSD jauh lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan harddisk. Maka bagi anda para penyedia jasa mengembalikan file yang terhapus/hilang, atau memperbaiki hardisk yang tidak terbaca/tidak terdeteksi, kegunaan SSD akan membuat tagihan listrik Anda berkurang Sehingga bisnis anda menjadi lebih kompetitif.

Kami rasa ini dulu untuk kesempatan kali ini. Moga-moga postingan ini sedikit memahamkan seputar jasa data recovery dan segala hal seputar cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, servis hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Semoga artikel ini sedikit-banyak memahamkan terkait segala hal tersebut.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!