Apakah Bisnis Recovery Data dan Ransomware Profitable?

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Jumpa kembali dengan kami masternya data dan perbaikan hard disk. Moga-moga tutorial kali ini secara global mampu menambah ilmu tentang galaksi jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Terkadang ada orang yang bertanya apakah bisnis data recovery dan pembersihan virus serta ransomware itu profitable? Apakah bisa diandalkan untuk menghidupi keluarga dan karyawan? Mari kita coba bahas di sini.

Ini adalah pembahasan menarik, AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware juga memikirkan hal ini tentunya sebelum memulai bisnis.

Tentang bisnis recovery data dan pembersihan ransomware tentunya tidak terlepas dari pembahasan tentang penyimpanan berbasis cloud. Karena sistem penyimpanan berbasis cloud ini sudah sangat menyebar di kalangan kita, bahkan mungkin 90% bisnis menggunakan layanan ini. Hal ini karena data sangatlah berharga dan tidak ada orang yang ingin kehilangannya. Akan tetapi walaupun banyak data disimpan di cloud masih banyak juga hard disk atau hard drive yang beredar di pasaran.

Jika file di hardisk terkena ransomware atau virus atau rusak datanya kita harus pergi ke jasa recovery data untuk memperbaiki nya. Masalahnya apakah bisnis seperti ini masih profitable benih zaman cloud? Akankah bisa bertahan di masa depan? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apakah Bisnis Recovery Data Menguntungkan?

Sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat kesuksesan data recovery setelah serangan ransomware adalah 97%. Ini adalah sebuah kemenangan yang besar bagi bisnis recovery data yang jelas membutuhkan ilmu dan keahlian tingkat tinggi. Walaupun tidak banyak yang mengenal bisnis jasa recovery data tapi industri ini adalah sebuah industri yang terus bertumbuh. Sebuah laporan dari “Report Buyer” menyebutkan bahwa jasa penyelamatan data akan mencapai angka 4,1 miliar Dolar pada tahun 2024, yang berarti tumbuh sekitar 12,9%. Karenanya tidak di ragukan lagi bahwa jasa penyelamatan data dari ransomware virus dan kerusakan hardware adalah sebuah bisnis yang menguntungkan di masa depan karena kepedulian orang tentang keselamatan data semakin meningkat. Dengan catatan para pelakunya harus bisa beradaptasi dengan teknologi yang berubah sangat cepat.

Tantangan Bisnis Recovery Data

Seperti semua bisnis lainnya, bisnis ini mempunyai tantangan internal dan eksternal. Semua usaha penyelamatan data dari virus, ransomware dan kerusakan data bisa rusak jika perusahaan gagal mengatasi tantangan secara cerdas. Dengan menjamurnya penggunaan Cloud storage, semakin sedikit yang mengalami kerusakan data dan tidak ada yang perlu diperbaiki. Ini adalah salah satu tantangan terbesar bagi industri recovery data. Bukan berarti industri ini akan segera mati, tidak seperti itu, akan tetapi seperti sektor bisnis lainnya di dunia teknologi informasi ada perubahan besar yang terjadi di sini. Kalau Anda yakin bahwa tantangan adalah sebuah kesempatan baru bisa anda bisa bertahan.

Tips Memulai Jasa Recovery Data

Yang pertama harus Anda sadari bahwa recovery data adalah bisnis yang sudah bersifat niche atau kecil ceruknya. Akan tetapi pada niche yang sedang kecil ini bisa dibagi lagi menjadi kategori yang lebih kecil atau mikro. Diantaranya adalah recovery hardisk, optical, tape, RAID, removable dan seterusnya. Anda bisa mencoba memulai bisnis anda sendiri pada bidang yang anda kuasai. Atau bisa juga dengan menjual alat recovery data serta jasa konsultasi.

Berikutnya adalah memiliki suatu keahlian tertentu yang spesifik di bidang ini. Misalnya kita tahu bahwa hardisk berbunyi klik klik klik adalah sebuah masalah umum yang terjadi, maka kita pelajari bidang ini sampai mendetail. Dengan keahlian detail dan expert kita akan mudah menyelesaikan masalah tersebut dan menjadi orang yang dituju para klien, sehingga kita otomatis memiliki sebuah market. Selanjutnya Anda bisa pelajari kategori lainnya sesuai waktu dan kesempatan yang Anda miliki.

Kesuksesan jasa recovery data tergantung pada persentase data yang berhasil dikembalikan, entah itu karena serangan virus atau ransomware maupun kerusakan hardware. Jadi umumnya orang-orang akan datang mengharapkan datanya 100% kembali. Karenanya untuk bisa memenuhi ekspektasi mereka menggunakan alat terbaik sangatlah penting. Seringkali alat yang murah hanya bisa mengembalikan data sedikit saja, sebaliknya alat yang harganya premium atau mahal dan dikenal luas kualitasnya bisa meningkatkan hasil recovery data secara signifikan. Mahal tapi hasilnya sangat fenomenal.

Industri teknologi informasi sering mengeluarkan sertifikasi profesional. Dan ini sangat penting, karena bisa jadi anda memiliki pengalaman bertahun-tahun tapi tanpa spesikasi pengalaman anda sering tidak dianggap. Banyak penelitian menyebutkan bahwa klien merasa lebih nyaman dan aman bekerja dengan profesional yang bersertifikasi. Ada beberapa sertifikasi di bidang penyelamatan data dari virus-ransomware dan kerusakan hardware seperti CASS, CEPT, CPT, CREA, dan lainnya. Pilihlah yang sesuai bidang Anda.

Berikutnya Anda harus bisa menentukan harga yang tepat. Kebanyakan laboratorium recovery data menentukan harga 100-300 USD per jam kerja. Ini pun dipengaruhi banyak faktor seperti lokasi laboratorium, keahlian engineer, tingkat kesuksesannya dan macam-macam. Anda sudah harus menentukan harga yang sama seperti pihak lain. Tentukan strategi harga yang sesuai dengan kondisi Anda dan market Anda. Bisa juga tergantung biaya yang anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan penyelamatan data.

Lokasi pun menentukan. Demografi, kompetisi dan lain-lainnya perlu diperhatikan. Juga pertimbangkan kesempatan tunggu di masa depan. Jangan anda menyewa suatu lokasi hanya karena ada kompetitor yang melakukan hal serupa, anda harus bijak menentukan lokasi bisnis yang tepat serta budget yang anda punyai.

Berikutnya Anda harus melakukan marketing fisik dan digital sekaligus. Berikan edukasi pada market tentang pentingnya keselamatan data dan bagaimana cara anda menolong mereka. Datangi klien yang potensial dan ciptakan demand. Coba datangi event, seminar dan berbagai pameran serta temui berbagai manajer perusahaan untuk melakukan marketing langsung. Anda juga bisa membuat website Menulis artikel, menampilkan iklan di direktori bisnis, berpromosi di sosial media dan seterusnya. Anda harus berfokus membuat demand untuk bisnis Anda, terserah bagaimana cara promosinya.

Kesimpulan dan Penutup

Penyelamatan data masih menguntungkan dan terus bertumbuh. Tantangan terbesarnya adalah perubahan teknologi yang cepat, akan tetapi pemilik usaha yang cerdas bisa mengakalinya dengan memodifikasi model bisnis yang mereka lakukan.

Kami rasa cukup dahulu untuk informasi kali ini. Semoga sajian ini dapat membuka wawasan terkait jasa recovery data dan berbagai hal terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Moga-moga artikel ini sukses membuka wawasan seputar beragam permasalahan itu.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery