Data Extractor Express: Software Mengembalikan File Terhapus

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Jumpa kembali bersama kami masternya data. Harapan kami jurnal kali ini secara global bisa menambah wawasan tentang galaksi jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Banyak dari kita yang mungkin sudah sering mendengar tentang Ace Laboratory yang berbasis di Rusia. Perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan alat-alat ini memang sudah terkenal di seluruh dunia, dikarenakan produknya sudah tersebar di lebih dari 120 negara. Review untuk hardware buatan mereka isi PC-3000 emang mayoritas positif sehingga membuat reputasi mereka sangat menjulang tinggi. Akan tetapi ternyata bukan hanya PC-3000 saja yang menjadi produk dari Ace Laboratory, mereka pun mempunyai produk berupa software untuk melakukan ekstraksi data dari hardisk atau stored media yang sudah berhasil di restore oleh PC-3000, namanya adalah Data Extractor.

Ada banyak varian dari software Data Extractor ini tergantung apa paket isi 3000 yang Anda beli. Adapun yang akan dibahas kali ini adalah Data Extractor Express yang merupakan pasangan dari PC 3000 Express.

Data Extractor Express adalah software yang spesial, khusus digunakan untuk dipakai bersama secara tandem dengan PC-3000 Express. Kombinasi keduanya merupakan solusi hardware dan software dari Ace Laboratory untuk melakukan data recovery secara cepat dan Professional. Keduanya dapat digunakan untuk melakukan recovery data pada hardisk dengan interface SATA (Serial ATA) serta ATA (IDE) HDDs 3.5″, 2.5″, 1.8″, 1.0″, USB HDD, SSHD (Solid State Hybrid Drive), dst. Dengan penggabungan keduanya maka kekuatan data recovery dan kemampuan yang menjadi sangat powerful serta efisien, sehingga menjadikan bisnis data recovery anda menjadi lebih profesional. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) juga merekomendasikan software ini untuk dipakai.

Product Data Extractor Express bekerja dengan berbagai sistem populer seperti: FAT, exFAT, NTFS, HFS+, APFS, EXT2/3/4, XFS, ReiserFS, BtrFS, VMFS, UFS1/2, ZFS, DHF4.1, WFS0.x. Dia juga mendukung format virtual machine disk seperti, VMDK (VMWare), VHD, VHDX, DMG. Bagi Anda yang bergerak dibidang data forensik ada mode khusus dari data Extractor Express anda pergunakan juga.

Sama seperti hardware PC 3000 Express, Data Extractor Express ini cukup kapabel untuk bekerja dengan 4 hardisk sekaligus. Hardisk bisa dikoneksikan melalui PC-3000 Express dalam mode 2 SATA + 2 PATA, atau 4 SATA. PC-3000 Express memungkinkan kita untuk melakukan reparasi terhadap hardisk yang sudah mengalami kerusakan fisik dalam factory mode. SATA drive menggunakan mode UDMA133, adapun untuk hardisk PATA menggunakan mode UDMA 100.

Dengan menggunakan Data Extractor Express ini kita bisa melakukan cloning full sektor per sektor dari hardisk yang rusak, ataupun melakukan data copy parsial dari File atau folder yang kita inginkan. Dari sana nanti kita taruh hasil ekstraksinya pada harddisk yang bagus, yang terhubung ke pada PC 3000 Express, atau terhubung di motherboard, angka terhubung pada image file.

Recovery Data Dengan Data Extractor Express

Ada tiga jenis malfungsi pada hardisk yang dapat diatasi dengan menggunakan Data Extractor Express ini: kerusakan fisik, kerusakan logic, dan gabungan dari kedua kerusakan tersebut.

Kerusakan fisik hardisk meliputi:

  • Kerusakan permukaan magnetik
  • Kerusakan magnetic head assembly
  • Kehancuran service information
  • Kerusakan translator
  • Ketidakstabilan pembacaan dikarenakan re-instalasi MHA/Disk Pack
  • Setelah melakukan prosedur hot-swap

Kerusakan logic hard disk:

Hardisk yang mengalami kerusakan logic, adalah hardisk yang memiliki kerusakan pada struktur logika, yang membuat akses kepada user information terhalang, sehingga tidak normal dibaca oleh operating system. Penyebab kerusakan logic pada hardisk:

  • Kerusakan informasi partisi
  • Kerusakan file system metadata dikarenakan HDD atau OS failures
  • File dan folder yang terhapus
  • Kerusakan parah pada data dan metadata dikarenakan formatting
  • Kerusakan yang disebabkan oleh virus

Kombinasi kerusakan fisik dan logic:

Anda bisa menggunakan data extractor.exe mengatasi berbagai masalah data recovery termasuk pada storage media yang mengalami kerusakan secara fisik dan logic.

Menggunakan Data Extractor Express Untuk Keperluan Forensic

The Data Extractor Express has special modes used by forensic investigators:

Selain dari fungsi-fungsi yang disebutkan di atas, Data Extractor Express juga mempunyai mode yang khusus bisa dipakai oleh para forensic investigators. Diantaranya sebagaimana berikut:

hash sum calculation untuk MD5 and SHA1

  • exporting catalogs list and files ke dalam csv format
  • membuat berbagai maps: disk maps, used/unused sectors maps, file system metadata maps, dan lain sebagainya
  • unlocking hard disk drive
  • changing/resetting ke factory value untuk nilai MaxLBA HDD
  • HDD mounting dalam mode “read-only”
  • HDD data copy creation untuk beberapa penerima sekaligus
  • Membaca dan export dalam format .E01, .AFF, .S01, .DEFF. DEFF adalah singkatan dari Data Extractor Forensic Format, sebuah format forensik khusus yang dikeluarkan oleh PC-3000, dilengkapi dengan checksums dan juga compression.

Sedemikian lengkapnya fitur yang ditawarkan oleh Data Extractor Express ini, membuat kami sendiri ingin segera menggunakannya dalam project-project data recovery yang kami lakukan lakukan. Apalagi jika ditemukan dengan Ace Laboratory PC-3000, maka tentu hasilnya akan sangat mengagumkan, lebih baik lagi. Terutama jika didukung oleh teknisi yang berpengalaman, maka bisa dibilang kombinasi hardware dan software ini menjadi combo yang sangat powerful dalam melakukan proses pengembalian data yang hilang.

Nampaknya cukup dulu untuk info kali ini. Harapan kami sajian ini banyak mencerahkan mengenai jasa recovery data dan semua hal mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Harapan kami informasi ini berhasil menginspirasi tentang segala sesuatu ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!