Bagaimana Cara Memilih Jasa Recovery Data?

Hard disk Anda rusak? Data SSD juga? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Jumpa kembali dengan kami Ahli Data dan perbaikan hard disk. Moga-moga entry kali ini secara mendasar bisa menambah wawasan mengenai peliknya jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/SSD tidak terbaca, dst.

Bagi banyak orang kehilangan sedikit data mungkin bukan menjadi hal yang bermasalah karena mereka bisa mencari data yang baru, memang data mereka tidak terlalu berharga. Akan tetapi bagi seorang pengusaha atau bagi perusahaan yang membawahi puluhan bahkan ratusan karyawan kehilangan data bisa menjadi hal yang sangat fatal. Karenanya jangan sampai Anda mengalami file terhapus baik sengaja atau tidak, data hilang, atau yang sejenisnya. Dalam kondisi seperti itu (data hilang) biasanya hal pertama yang terpikir oleh para pemimpin perusahaan adalah bagaimana cara agar bisa mengembalikan data yang terhapus atau hilang tersebut?

Source: StorageCraft

Seringkali hal yang pertama kali terpikir adalah menggunakan software recovery data yang banyak beredar pasaran seperti Pandora Recovery, Recuva, Glary Undeletes, Free Undelete dan juga yang lainnya. Akan tetapi tidak mengetahui bahwa penggunaan software saja bukanlah hal yang direkomendasikan dalam mengatasi problema data hilang, karena data yang dapat dideteksi dengan menggunakan software saja hanya sedikit plus banyak resiko data lama justru terhapus oleh penggunaan software recovery yang tidak benar. Lalu bagaimana solusi yang lebih baik? Berikut saran dari AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data dan service hard disk.

Cara yang lebih baik adalah ah dengan menghubungi perusahaan jasa recovery data yang memang berfokus pada penanganan data hilang atau terhapus. Mereka akan dapat membantu untuk mengembalikan data yang disimpan di hardisk eksternal, internal, flashdisk, SD card, SSD, dan lain sebagainya. Dengan skill dan kemampuan mereka data yang dapat dikembalikan menjadi lebih banyak. Dengan alat yang mereka miliki data pun bisa menjadi selamat tidak tertimpa atau overwritten oleh data baru. Untuk diketahui saja bahwa alat data recovery yang mereka miliki bisa jadi harganya sama dengan sebuah Honda Mobilio yang baru, maka jelas aja hasilnya berbeda dengan orang yang menggunakan software only dalam proses data recovery.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara memilih perusahaan data recovery yang terpercaya? Mana jasa recovery data yang paling bagus? mencoba memberi beberapa poin yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih perusahaan recovery data.

Poin Pertimbangan Penting

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan pertimbangkan dalam memilih perusahaan yang akan membantu anda untuk mengembalikan file yang terhapus diantaranya adalah:

  1. Yang pertama tentunya Anda harus tenang, sabar dan jangan panik saat Anda mengetahui bahwa ada data Anda yang tidak terbaca atau ada file yang hilang dan terhapus baik di hardisk, flashdisk, ataupun storage media yang lainnya. Menjaga agar hati dan kepala Tetap tenang membuat anda tidak melakukan hal-hal yang justru berbahaya bagi penyelamatan mencoba membongkar sendiri hardisk Anda, atau memakai software recovery data secara serampangan yang justru memperparah kerusakan data.
  2. Berikutnya setelah anda menenangkan pikiran anda maka coba hubungkan perangkat data tersebut ke laptop atau komputer lain atau ke server lain. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa yang bermasalah adalah benar-benar storage media tersebut dan bukan komputer atau laptop storage media tersebut terpasang. Coba anda cek di beberapa laptop atau komputer atau server berbeda, dan jika error yang muncul masih sama di beberapa tempat berbeda tersebut maka kemungkinan yang rusak adalah tempat penyimpanan data. Pada langkah ini jika anda diminta untuk melakukan formatting storage media Jangan dilakukan karena justru seluruh data akan hilang.
  3. Setelah dilakukan dua langkah di atas dan ternyata sudah dipastikan bahwa filenya terhapus atau datang hilang, maka untuk mengembalikan file yang hilang tersebut mau tidak mau anda perlu untuk memakai jasa data recovery. Anda bisa mulai melakukan Googling untuk mencari di mana perusahaan jasa recovery data yang terpercaya.
  4. Di Google tentunya Anda dapat membandingkan antar perusahaan tersebut. Anda perlu memperhatikan berbagai poin penting yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut semisal pertama adalah harganya tentu, apakah sesuai dengan budget yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi anda? Yang kedua anda perhatikan Apakah mereka memiliki track record yang bagus? Lalu Anda juga coba perhatikan Apakah alat-alat yang mereka pakai merupakan alat kelas profesional? Lalu Anda juga bisa perhatikan Apakah karyawan mereka terlatih atau sekedar anak kuliah yang iseng membuat website kecil menawarkan jasa mengembalikan file yang terhapus?
  5. Jika anda telah melakukan “due diligence” tersebut, tentukan salah satu perusahaan jasa recovery yang anda percayai lalu kontak mereka segera. Jangan ditunda-tunda ditunda data yang anda perlukan semakin lama pula dapat kembali. Belum lagi masalah Ada kemungkinan data terhapus atau overwritten jika storage media justru dipakai kembali dan tidak dilakukan proses pengembalian data yang terhapus secepat mungkin. Pada kondisi ini file yang anda miliki bisa jadi terhapus selamanya dan tidak akan kembali.

Nampaknya cukup dahulu untuk info kali ini. Moga-moga tutorial ini banyak menambah wawasan tentang jasa recovery data dan segala masalah tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, dst. Moga sajian ini sedikit membuka wawasan tentang beragam hal itu.

Hard disk Anda rusak? Data SSD juga? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery