NAS (Network Attached Storage) Untuk Data Recovery

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang kembali bersama ahlidata.com. Semoga artikel kali ini secara umum bisa memahamkan mengenai peliknya jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, solusi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Salah satu kendala yang banyak dihadapi oleh para penyedia jasa recovery data adalah terbatasnya spesies penyimpanan hasil recovery yang mereka miliki. Ini wajar saja karena dari ratusan media penyimpanan yang masuk tentu menghasilkan jumlah data yang sangat besar. Jika kita lihat pada hari ini kapasitas hardisk yang cukup terjangkau adalah 4 terabyte, itu tidak ada apa-apanya kebutuhan ratusan cara baik yang diperlukan untuk mengarsipkan data hasil recovery selama beberapa bulan operasi perusahaan berjalan. Karenanya kita perlu solusi yang lebih baik dibanding sekedar menyimpan data pada hardisk.

Salah satu cara yang bisa kita pergunakan adalah dengan menggunakan NAS (Network Attached Storage) sebagai tempat penyimpanan data hasil recovery sementara, ataupun sebagai tempat pengarsipan data hasil recovery yang pernah dilakukan selama beberapa bulan ke belakang. Dengan solusi ini diharapkan akan menjadi masalah keterbatasan ruang penyimpanan data kita.

Source: Seagate

NAS (Network Attached Storage), Apa Itu?

NAS (Network Attached Storage) merupakan sebuah konsep penyimpanan data yang telah lama ada di dunia IT, gimana konsep penyimpanan ini ini memungkinkan kita untuk menaruh data yang kita butuhkan atau kita perlukan pada sebuah drive yang berbasis jaringan. Ini berbeda dengan konsep penyimpanan data biasa yang menaruh data kita pada perangkat yang kita gunakan atau bersifat lokal.

Berikutnya nanti tempat penyimpanan data ini akan terkoneksi dengan seluruh komputer yang ada pada suatu jaringan yang sama sehingga seluruh komputer tersebut dapat menulis dan membaca data dari perangkat NAS (Network Attached Storage) tersebut. Sederhananya bisa digambarkan dengan topologi sebagai berikut:

Source: Asustor

Menurut AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) ada beberapa kelebihan dengan konsep penyimpanan data yang berbasis network sebagaimana diterapkan oleh sistem NAS. Diantaranya adalah tempat penyimpanan data bisa menjadi lebih besar, yang tentu saja dapat dengan mudah dipahami karena penyimpanan data pada NAS memungkinkan untuk terjadinya penggabungan banyak sekali harddisk menjadi sebuah sistem penyimpanan data tersendiri.

Selain itu Kelebihan lainnya adalah adanya proteksi dari kehilangan data, yang ini juga tentu sangat penting. Hal ini dapat dimungkinkan dengan adanya sistem RAID yang bisa diaplikasikan pada sistem storage yang dibangun. Hal ini memungkinkan terjadinya proteksi lebih terhadap data, dimana Jika ada salah satu data atau sistem penyimpanan data yang rusak, maka sistem pencadangan bisa langsung mengambil alih tugas dan membaca data cadangan yang telah disiapkan.

Keamanan dan kecepatan pun menjadi salah satu kelebihan dari sistem NAS (Network Attached Storage). Security menjadi lebih bagus karena siapa saja yang mengakses data dapat lebih terkontrol karena seluruh yang mengakses harus mempunyai akses sebelum bisa membaca data, tidak seperti sistem lokal di mana setiap orang yang memiliki akses pada hardware langsung dapat membaca data di dalamnya. Kecepatan pun menjadi salah satu keuntungannya, lagi-lagi dengan adanya sistem RAID administrator bisa mengkonfigurasi agar kecepatan pun bertambah.

Selain itu administrasi data menjadi lebih mudah bagi administrator. Pekerjaan backup, de-duplikasi, kompresi dan enkripsi dapat lebih mudah dijalankan jika semua data tersimpan di tempat yang terkontrol seperti NAS. Bagi perusahaan jasa recovery data tentunya akan sangat terasa perlunya hal ini untuk efisiensi usaha.

Yang Harus Diperhatikan Saat Membangun NAS

Bagaimana cara membangun sistem NAS yang baik? Membangun sistem Network Attached Storage yang baik tentunya harus mempertimbangkan berbagai faktor yang berkaitan. Di antaranya adalah:

  • Seberapa banyak hard drive yang diperlukan? Ini akan berkaitan dengan jumlah data yang bisa ditampung oleh sistem NAS yang sedang dibangun.
  • Apakah sistem RAID akan diaktifkan? Tentu saja mengaktifkan sistem RAID adalah sebuah pilihan yang disarankan jika resource organisasi Anda bisa memenuhinya. Akan tetapi tidak semua organisasi perlu dan tidak semua organisasi mampu untuk mengaplikasikan sistem RAID ini. Ini harus menjadi salah satu pertimbangan penting dalam perencanaan.
  • Jenis system disk apa yang perlu dibeli? Dan berapa kapasitas serta kecepatan yang diperlukan? Ini nanti akan berdampak besar pada kapasitas dan kecepatan yang dihasilkan.
  • Processor dan controller yang sesuai juga merupakan sebuah hal yang perlu dipertimbangkan. Karena kelancaran proses penulisan data sangat dipengrahufi kecepatan processor.
  • Operating system yang digunakan apakah dapat menghandle berbagai keperluan yang dibutuhkan? Apakah dapat menjalankan berbagai fitur yang sekiranya akan menjadi keperluan penting perusahaan?
  • Kecepatan network jaringan pun harus diteliti dengan baik, ini tidak perlu penjelasan lebih jauh, karena tentunya kita semua paham bahwa semakin cepat kecepatan yang diinginkan maka akan semakin besar budget yang canggih alat yang diperlukan
  • Budget perusahaan atau organisasi, yang ini pun tentunya sudah sangat jelas sekali. Singkatnya semakin baik semua syarat yang Anda inginkan dapat terlaksana, maka akan semakin canggih peralatan yang dibutuhkan dan semakin besar budget yang harus Anda persiapkan.

Jadi, bagaimana? Apakah untuk saat ini Anda dan perusahaan atau organisasi Anda sudah memerlukan NAS (Network Attached Storage)?

Sepertinya sampai di sini untuk update kali ini. Semoga tutorial ini sedikit-banyak mencerahkan tentang jasa recovery data dan segala masalah tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Harapan kami tulisan ini sedikit menginspirasi terkait semua ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!