Seagate Meluncurkan Hard Disk 20TB

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Kembali lagi bersama kami pejuang data. Moga-moga tulisan kali ini secara overview bisa membuka wawasan terkait planet jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Pekan ini Seagate mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan hard drive baru mereka yang menggunakan teknologi baru, yaitu heat-assisted magnetic recording (HAMR). Selain itu mereka pun mengumumkan bahwa mereka sedang memperluas program evalusi tambahan mereka yang bisa mempercepat kecepatan baca dan tulis pada hard disk, yaitu mach.2, yang merupakan hard disk dengan teknologi dual actuator. Kecepatan baca dan tulis pada HDD dengan kemampuan mach.2 ini akan sekitar dua kali HDD pada umumnya, sekaligus meningkatkan kehandalan dan daya tahan dari hard disk.

Source: Anandtech

Sebagai user tentunya kita senang dengan adanya kemampuan tambahan tersebut, akan tetapi AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) mengajak kita untuk melihatnya dari dua sisi sekaligus, yaitu dari sisi kelemahan dan kelebihan.

Sejarah Actuator Pada Hard Disk

Meningkatkan kapasitas penyimpanan hard disk sangat penting, tapi bukan itu saja yang penting, kecepatan pun harus meningkat. Inilah yang menjadi masalah, yaitu kecepatan random IOPS (input output operation per second) pada hard disk cenderung menurun dengan semakin bertambahnya ruang yang ada di dalam hard disk. Padahal kemampuan random IOPS ini sangatlah penting untuk menjaga performa hard disk agar tetap dalam batas toleransi workflow perusahaan.

Melihat hal ini maka Seagate pada tahun 2017 meluncurkan produk multi actuator pertamanya, yang dikenal dengan nama Mach.2. Yang pada saat itu mulai diemplementasikan pada hard disk kelas enterprise, yaitu Seagate Exos 14TB.

Saat ini melihat kesuksesan yang didapatkan oleh Seagate tersebut semakin banyak pihak yang tertarik untuk menggunakan mode dual actuator pada hard disk yang mereka beli. Hal ini menyebabkan Seagate kembali melakukan intensifitas testing untuk pengadaan produk tersebut. Akan tetapi masih belum jelas bagaimana dan kapan Seagate akan meluncurkan hard disk dual actuator secara massal.

Sebagai jasa recovery data tentunya teknologi ini sangat kami nantikan, karena dengann bertambahnya kecepatan baca dan tulis pada hard disk maka semakin banyak tugas yang bisa dilakukan dalam waktu yang sama.

Kebutuhan Akan Hard Disk Berkapasitas Tinggi

Selain kebutuhan akan kecepatan tinggi yang semakin banyak, konsumen pun semakin memerlukan kapasitas besar. Sayangnya kapasitas besar seringkali membutuhkan daya listrik yang besar pula. Karenanya Seagate berusaha untuk membuat produk yang irit listrik untuk memenuhi demand tersebut.

Pada musim panas lalu Seagate memulai untuk mengirimkan HDD 18 TB yang mereka miliki ke pasaran, yang akan segera diperbanyak setelah para konsumen puas menggunakan versi yang telah keluar sebelumnya. Dan hard disk yang diluncurkan selanjutnya, berbasis HMR dengan kapasitas 20 TB pun memakai arsitektur yang sama.

Untuk sementara hard disk Seagate yang berbasis HAMR hanya dapat tersedia untuk konsumen terbatas. Berikutnya barulah pihak Seagate akan merilis hard disk dengan teknologi penyimpanan data berkapasitas sangat tinggi tersebut ke khalayak luas. Dalam waktu yang tidak lama pun Seagate berencana akan mengeluarkan produku terbarunya yang memiliki kapasitas 24TB. Untuk bagaimana realisasinya di lapangan nanti, mari kita nantikan bersama-sama.

Baiklah cukup dulu untuk edisi kali ini. Semoga sajian ini mampu memahamkan mengenai jasa data recovery dan segala masalah mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga-moga sajian ini semakin menambah ilmu tentang beragam permasalahan itu.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!