Hard Disk Recovery Data Paling Awet (Backblaze Drive Stats 2020)

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Bertemu kembali bersama kami teknisi data. Moga artikel kali ini secara overview sedikit memahamkan seputar peliknya jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, servis hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Setiap tahunnya pihak Backblaze selalu melakukan penghitungan reliabilitas hard disk berdasar dari seluruh hard disk yang mereka miliki. Pada tahun 2019 dan tahun 2018 perhitungan telah keluar dan informasi hasil riset mereka dapat dimanfaatkan oleh publik. Sekarang telah keluar juga update terbaru mereka yaitu Backblaze Hard Drive Stats for 2020 yang merupakan hasil pemantauan mereka selama setahun terakhir terhadap seluruh HDD yang mereka miliki.

Apa perlunya kita mengetahui hal seperti ini? Bukankah tidak terlalu bermanfaat untuk kita perhatikan info-info seperti ini? Oops, tentu itu asumsi yang salah. Mungkin untuk kebanyakan masyarakat yang hanya end user tidak terlalu bermanfaat informasi seperti ini, akan tetapi untuk AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) informasi seperti ini sangat berharga, karena membuat kita jadi tahu mana jenis hard disk yang tahan banting dan tidak cepat rusak. Juga sebaliknya membuat kita jadi tahu mana jenis hard disk yang mudah rusak sehingga jangan kita pakai dan jangan kita beli.

Data Hard Disk Yang Didapatkan

Bagi penyedia jasa recovery data, informasi yang diberikan oleh pihak Backblaze akan sangat bermanfaat. Di mana dengan bekal informasi yang didapatkan mereka bisa memutuskan strategi untuk membeli hard disk yang tepat untuk menyimpan data tampungan hasil recovery. Cara menentukannya amat mudah, cukup dengan melihat tabel yang diberikan.

Contohnya perhatikanlah tabel dari Backblaze di bawah ini:

Dari tabel tersebut kita dapat mengetahui bagaimana reliabilitas atau kehandalan dari berbagai merek dan jenis hard disk yang tersedia di pasaran. Kita bisa lihat di sana umumnya failure rate berkisar di antara 1% per tahun, namun ada juga yang memiliki failure rate sangat tinggi yakni Seagate 18TB yang mencapai 12.54% per tahun. Dengan adanya info tersebut tentunya menjadi masukan bagi kita untuk menghindari jenis hard disk tersebut di atas.

Sebaliknya dari tabel yang sama pula kita bisa menemukan data bahwa ada beberapa hard disk dengan failure rate 0% atau tidak ada kerusakan sama sekali selama berjalan setahun. Di antaranya Toshina 4 TB, Toshiba 14 TB dan Toshiba 16 TB. Seagate 14 TB pun terlihat sangat handal. Maka berbekal data dari tabel di atas kita bisa cukup yakin berasumsi bahwa jika kita membeli salah satu dari hard disk tersebut maka akan sangat tinggi kehandalan yang kita peroleh.

Implikasi Kualitas Hard Disk Bagi Penyedia Jasa Recovery Data

Penyedia jasa recovery data tentu harus menyiapkan spare part hard disk yang sekiranya dibutuhkan oleh client. Spare part diperlukan untuk melakukan perbaikan data ataupun untuk melakukan pembacaan data secara emergency dari media penyimpanan data yang dimiliki konsumen. Sayangnya hal ini tidak mudah, karena bisa jadi spare part yang kita miliki tidak selalu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen.

Lalu, apa hubungannya dengan Hard Drive Stats dari Backblaze? Hubungannya adalah dengan mempergunakan tabel di atas kita bisa sedikit banyak mana saja jenis hard disk yang lebih awet di pasaran, yang mana yang sekiranya tidak cepat rusak? Nah, tugas kita selanjutnya adalah untuk menurunkan prioritas stock sparer part untuk merek dan model hard disk yang tidak mudah rusak tersebut, karena kemungkinan client yang datang dan membutuhkan perbaikan untuk model tersebut akan sedikit.

Sebaliknya, dengan menggunakan tabel dari Backblaze di atas maka kita bisa menentukan mana merek dan model hard disk yang banyak mengalami kerusakan. Hal ini tentunya akan memudahkan kita untuk melakukan persiapan stock spare part lebih banyak untuk model-model hard disk tersebut. Sehingga dengan demikian saat ada konsumen jasa data recovery datang kita dapat langsung memproses storage media mereka tersebut karena stock spare part telah tersedia.

Insight Dibandingkan HD Stats Backblaze Sebelumnya

Jika Anda jeli dan mengikuti blog kami dengan rutin, mungkin Anda bisa melihat pada posting kami sebelumnya di tahun 2020 bahwa di sana laporan dari Backblaze agak sedikit berbeda. Di sana Backblaze menyertakan data bahwa ada nol persen (0%) hard disk merek HGST 8TB yang mengalami masalah, akan tetapi pada laporan terbaru ini rekor tersebut tidak bertahan. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya report seperti ini pun tidak bisa memberikan 100% gambaran yang sempurna dari bagaimana performa sebenarnya di lapangan. Karena untuk mengetahui hal tersebut amatlah susah.

Akan tetapi laporan seperti ini tetap bisa dikatakan sangat bermanfaat karena bisa memberikan gambaran yang luas, walaupun bukan gambaran yang sempurna, tentang mana merek dan model hard disk yang bisa diandalkan untuk penggunaan jangka panjang dan waktu operasi 24/7. Setidaknya walau mungkin Anda tidak bergerak di bidang data recovery sekalipun informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda gunakan dalam memilih penyimpanan data untuk kebutuhan harian dan kebutuhan bisnis Anda.

Kami rasa kami cukupkan dulu untuk kesempatan kali ini. Semoga tulisan ini sukses menambah wawasan mengenai jasa recovery data dan semua mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Semoga sajian ini sukses menambah ilmu terkait berbagai permasalahan ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!