Mencari Drive Donor Untuk Jasa Recovery Data

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang kembali bersama teknisi data. Harapan kami entry kali ini secara luas sedikit menambah wawasan terkait semesta jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, servis hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Pekerjaan jasa recovery data tentu memerlukan hard disk donor untuk mengganti sparepart yang rusak pada harddisk pasien. Ini dikarenakan seringkali salah satu-satunya cara bisa mendapat data dari hardisk yang rusak adalah dengan mengganti sparepart bermasalah dengan sparepart dari donor. Bagaimana caranya mencari agar kita bisa mendapat sparepart yang bagus dan donor yang pas? Mari kita bahas.

Source: Donor Drives

Banyak pekerjaan jasa recovery data yang membutuhkan drive donor karena kerusakan mekanis pada hard drive/hardisk semakin meningkat. Harddrive/hard disk modern semakin tinggi densitas informasi yang terdapat di dalamnya, selain itu para produsen memakai sparepart yang kualitasnya semakin rendah sehingga semakin banyak kerusakan terjadi. Dengan meningkatnya densitas maka butuh presisi yang lebih tinggi pada sparepart mekanis, dan semakin spesifik pula kebutuhannya, karena itulah semakin susah mencari sparepart donor yang sesuai.

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) juga mengamini hal tersebut. Teknisi yang mencari donor karena membutuhkan sparepart mekanis semakin dibuat pusing karena biasanya mereka hanya mengandalkan informasi yang terdapat pada label hard drive/hardisk. Label yang terdapat pada hard drive/hardisk seperti merk, model, tanggal pembuatan, biasanya menjadi patokan para teknisi jasa recovery data untuk menilai kecocokan hardisk donor dan hard disk pasien. Sayangnya informasi tersebut seringkali tidak cukup untuk mengidentifikasi spare part mekanis dan logis/PCB. Bahkan seringkali informasi yang disuguhkan tidak tepat.

Sebagai contoh saat mencari harddrive/hardisk donor yang kompatibel untuk sebuah drive Western Digital, para teknisi recovery data biasanya mencoba untuk mencocokkan karakter tertentu pada kode DCM yang berada pada label. Mencari hardisk/harddrive donor dengan kode DCM yang yang mirip bisa bermanfaat, akan tetapi sering sekali hal tersebut kurang. Terkadang donor yang memiliki kode DCM agak berbeda jauh justru mempunyai kompatibilitas yang lebih tinggi.

Jadi apa yang bisa kita jadikan konfederasi saat mencari hard drive donor dengan lebih baik dan akurat? Lihatlah pada vendor specific parameters yang terkait dengan kompatibilitas. Parameternya biasanya tidak hanya mengidentifikasi tipe sparepart yang ada di dalam drive dibuat dari versi apa tetapi juga berisikan data adaptif yang merefleksikan karakteristik performa dari sparepart yang unik pada setiap hard drive/harddisk.

Coba kita cek kembali menggunakan hardisk/harddrive keluaran Western Digital sebagai contoh, terdapat beberapa parameter khusus vendor western Digital yang terletak pada ROM dan RAM yang dapat kita gunakan untuk mencari donor dengan kompatibilitas yang lebih baik:

  • head map
  • microjog adaptives
  • drive information table
  • firmware release

Sayangnya ke semua informasi atau parameter diatas tidak tertulis pada label. Tapi anda tetap bisa mencarinya dengan menggunakan peralatan recovery data yang khusus.

Penjelasan Parameter Spare Part

Berikut adalah beberapa parameter yang bisa anda gunakan untuk mengecek dan memastikan kompatibilitas sparepart dari hard drive donor ke hardisk pasien:

Head map: menjelaskan physical head yang mana pada head assembly yang digunakan oleh drive. Contohnya ada dua drive berbeda, keduanya memiliki head yang sama jumlahnya, tetapi headsnya bisa memiliki lokasi yang berbeda pada head assembly dan mengakses disk platter yang berbeda. Anda bisa menemukan drive yang dibuat pada hari yang sama dan memiliki informasi yang sama pada label, mereka mempunyai head maps yang berbeda. Tentu saja donor yang seperti ini tidak kompatibel. Maka anda harus selalu mengecek head map sebelum membuka drive donor. Tidak ada hal yang lebih membuat frustrasi daripada membeli sebuah donor drive yang mahal untuk kasus emergency tetapi ternyata memiliki heads map yang berbeda.

Microjogs: adalah parameter adaptif yang yang terikat pada satu head tertentu, yang di kalkulasi dan dioptimasi saat proses pembuatan hard drive/harddisk. Parameter-parameter ini bisa dipakai untuk mengoptimasi performa hard drive dan diprogram pada ROM di hardisk tersebut. Saat head dari harddrive lain dipasang ke harddrive pasien, parameter tersebut tidak lagi sesuai dengan karakteristik head yang asli. Jika perbedaan pada microjogs cukup signifikan maka heads tidak akan dapat beroperasi sama sekali, menjadikan heads dari donor tidak kompatibel.

Drive information table: adalah tabel firmware yang berisikan informasi tentang tipe komponen yang menyusun harddrive tertentu. Perusahaan pembuat harddisk bisa menggunakan berbagai komponen yang berbeda saat melakukan pembuatan model yang sama dari suatu hard drive. Komponen berbeda ini bisa jadi dari tipe berbeda atau datang dari supplier yang berbeda, walaupun model hardisk yang dibuat sama. Sebagai hasilnya karakteristik dari setiap komponen ini, misalnya preamplifier atau motor controller chips yang dipakai koma, bisa berbeda-beda dari hari ke hari bahkan dalam satu hari yang sama. Drive information table membantu untuk mencari donor dengan kompatibilitas yang lebih baik, karena anda bisa mencari drive dengan komponen mekanis dan komponen elektronis yang serupa.

Firmware release parameters: seperti firmware ID dan firmware overlay, mengidentifikasi si Drive dengan firma yang kompatibel dan dapat digunakan untuk menentukan lokasi donor drive yang dibutuhkan untuk keperluan perbaikan firmware. Informasi firmware release ini tidak terletak pada label drive dan juga tidak terletak pada drive identification data.

Mengetahui berbagai vendor-specific parameters ini tentu meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan harddrive/hardisk donor yang kompatibel. Sebagai catatan bahwa parameter-parameter tidak memberikan garansi 100% bahwa sparepart donor akan kompatibel dengan harddrive pasien. Akan tetapi untuk berbagai hard drive/hardisk modern akan menjadi sangat susah untuk mencari donor yang benar-benar cocok tanpa menggunakan informasi vendor-specific parameters tersebut.

Contoh Vendor Specific Parameters

Berikut adalah contoh vendor-specific parameters yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi donor drive dengan lebih baik:

WD30EZRX-00MMMB0
Microjogs: 3592,3348,3570,3330,3570,3280,3530,3326
Microjogs Avg: 3443
Head Map: 0,2,3,5,6,7,8,9
Firmware ID: 80.00A80
Firmware Ovl: 00200049
MCU Type: 0000-7412
Channel Type: 0039-0023
Preamp Type: 0000-0004
Power IC Type: 0000-2100

Seagate ST9500420AS
Firmware ID: D005SDM1
Preamp Type: 5B 02
Channel Type: AGERE_COPPERHEAD_LITE
Power IC Type: MCKINLEY MOBILE PLUS REV 15
MCU Type: TETONST_4(63A2)(3-0E-4-2)

Untuk memenuhi kebutuhan dari industri jasa recovery data, rilis terbaru dari DeepSpar Disk Imager sekarang sudah bisa menarik informasi vendor spesifik parameter dari harddrive/hardisk yang menjadi pasien ataupun donor. Hal ini membuat anda lebih mudah untuk mengenali kompatibilitas sparepart antar hard drives/hard disks untuk media Stories yang sensitif terhadap parameter-parameter tersebut.

Sepertinya sekian dulu untuk edisi kali ini. Harapan kami posting ini bisa menambah wawasan seputar jasa recovery data dan semua seputar cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga-moga posting ini sedikit-banyak memahamkan terkait semua ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!