Western Digital Black – Hard Disk High Performance Untuk Recovery Data

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang lagi bersama kami pakarnya data. Harapan kami artikel kali ini secara umum berhasil membuka wawasan seputar lautan jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, service hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas bahwa Toshiba X300 yang kami miliki sangat cepat rasanya, sehingga nyaman dan mantap dipakai untuk melakukan recovery data. Test kami sendiri menghasilkan angka di sekitar 180 MB/s untuk kecepatannya. Tetapi pertanyaannya adalah, adalah yang lebih cepat? Untuk saat ini ada, dan yang paling cepat menurut LifeWire adalah hardisk dari jajaran WD Black.

Sebelum kami melanjutkan mungkin ada di antara pembaca yang berpikir kenapa kami kok melakukan review hardware lagi? Ya jawabannya karena kami adalah perusahaan recovery data yang butuh bantuan hardware-hardware berkualitas untuk melakukan pekerjaan kami, karenanya mau tidak mau kami perlu untuk melakukan review hardware yang terkait dengan pekerjaan kami. Dan hard disk adalah salah satu alat kerja kami, 🙂

Kembali ke hardwarenya. Jadi, setelah kami melihat spesifikasi dan benchmark dari LifeWire di atas, ternyata memang benar sekali bahwa hardisk ini performanya sangat tinggi, hingga mencapai 218 MB/s, lebih cepat dari Toshiba X300 kami yang mentok di angka 180-an MB/s. Wow! Seperti apa sih hard disk ini?

  • Dari sisi arsitektur, hard disk WD Black didesain untuk desktop PC dan para power user yang membutuhkan performa dengan berbagai opsi upgrade
  • Untuk kapasitas mentok di angka 6TB, bukan angka yang besar untuk hard disk zaman sekarang
  • Untuk DRAM cache mencapai 128 pada jajaran 5 TB dan 6 TB
  • Karena cepatnya, maka cocok dipakai oleh para professional creative, gamer dan system builder
  • Didukung oleh teknologi WD StableTrac dan Dynamic Cache, hasilnya performa dan reliabilitas menjadi semakin meningkat

Dilihat dari sisi performa, semua hard disk yang ditawarkan sebagai HDD performance mengklaim kecepatannya tinggi. Tapi kalau dilihat di atas kertas, memang yang satu ini benar-benar berbeda, benar-benar tinggi. Yang jadi masalah, semakin cepat hard disk semakin mudah pula rusak (biasanya), karenanya tidak semua harddisk performance memiliki garansi yang panjang.

Akan tetapi WD Black ini berbeda. Tidak seperti hardisk Toshiba X300 kami yang hanya memiliki garansi dua tahun, HDD ini memiliki garansi sepanjang 5 tahun, yang menjelaskan betapa percayanya pihak WD terhadap kualitas hard disk ini. Pihak WD mengklaim mereka berani memberikan garansi sepanjang itu karena hard disk mereka sangat berkualitas dan telah lulus uji berbagai test berat.

Kalau dilihat dari sisi kapasitas, memang kapasitasnya tidak sebesar banyak hard disk lainnya. Akan tetapi kami rasa di angka maksimal 6 TB masih cukup banyak data yang bisa ditampung oleh para penggunanya, setidaknya untuk level penggunaan data di hari ini, di mana masih banyak produsen laptop yang memberikan 500 GB saja pada perangkat mereka. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) sendiri masih memakai laptop bersenjatakan HDD 500 GB.

Hal yang menarik lagi dari WD Black ini adalah, kemampuannya untuk meredam getaran dengan Stable Trac technology. Kita tahu bersama bahwa di dalam casing sebuah desktop tentunya terdiri atas berbagai komponen, ada hard disk, ada kipas, dan lain sebagainya. Berbagai elemen tersebut tentunya bergerak dan membuat vibrasi/getaran yang bisa saja merusak head dari HDD dan atau memperlambat performanya. Nah, dengan adanya sistem Stable Trac dari WD, getaran yang merambat ke hard disk bisa diredam sehingga performa tidak melambat dan hard disk pun awet.

Salah satu kelebihan lainnya dari hardisk ini adalah dia mempunyai dua prosesor di mana dua prosesor inilah yang sangat-sangat membantu proses data di dalam harddisk sehingga bisa menghasilkan kecepatan yang luar biasa tersebut. Kami menduga bahwa prosesor yang ditanamkan di sini bukanlah processor biasa sehingga performanya bisa kita lihat sendiri pada angka yang muncul. Pihak Western Digital sendiri tidak memberi informasi lebih lanjut tentang apa model processor yang dipakai sehingga kami tidak bisa memberi info yang lebih detail.

All in all bagi Anda yang ingin merasakan harddisk dengan performa sangat tinggi dan sangat cepat bolehlah dicoba membeli dan merasakan nikmatnya hardisk yang satu ini. Setelah anda mencobanya jangan lupa bagikan pengalamannya kepada kami 🙂

Tampaknya sampai di sini untuk edisi kali ini. Moga jurnal ini banyak menambah wawasan seputar jasa recovery data dan semua hal seputar cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga-moga postingan ini banyak menginspirasi terkait segala hal ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!