Konsep 3D Phases Jasa Recovery Data

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang kembali dengan Ahli Data. Semoga entry kali ini secara umum banyak menambah wawasan terkait seluk-beluk jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Tahukah Anda bahwa jika kita menggunakan metode data recovery yang tepat maka kita bisa mengembalikan lebih banyak data bagi client kita? Dan tentunya membuat mereka bahagia dan merasa tidak salah telah memberikan kepercayaan kepada kita sebagai jasa recovery data yang mereka percaya.

Pertanyaannya, bagaimana konsep data recovery yang tepat dan baik untuk kita gunakan? Pertanyaan ini dicoba dijawab oleh Deepspar, sebagai salah satu produsen hardware recovery data ternama di dunia, utamanya recovery hard disk. Pada tahun 2006 mereka melakukan research dan akhirnya menemukan konsep yang mereka beri nama 3D Data Recovery Phases.

Tiga Tahap Recovery Data

Dalam tiga tahap recovery data yang diinisiasi oleh Deepspar, mereka membagi tahap per tahap dengan konsep terbaik dan paling aman untuk data yang akan direcovery. Yakni sebagai berikut:

  1. Drive Restoration
  2. Drive Imaging
  3. Data Retrieval

Pada tahap pertama yaitu data restoration, di sini kita memulai dengan memperbaiki akses ke hard disk, SSD, USB Flash atau apa pun jenis media penyimpanan yang sedang rusak. Memperbaiki akses di sini bisa dengan cara memperbaiki logical error seperti partition table yang rusak, atau partisi yang belum initiated, atau drive label yang tidak ada, atau partisi yang tidak mounted dengan benar, dan seterusnya.

Selain memperbaiki dengan cara perbaikan logical error, mungkin juga ada kasus di mana perlu dilakukan perbaikan hardware error. Hardware error ini bisa berupa kerusakan head hard disk, atau PCB yang patah, spindle tidak berfungsi, motor yang tidak bekerja. Atau bisa juga masalah hardware yang sederhana seperti pin konektor yang berkarat/kotor. Terkadang juga ada kasus di mana terjadi short circuit karena storage media terendam, atau rusak hangus terbakar.

Setelah permasalahan di atas teratasi diharapkan drive menjadi siap untuk diakses dan dibaca kembali. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) menyayangkan banyak pihak yang melewatkan tahap ini.

Pada tahap kedua, drive imaging, yang dimaksud di ini adalah membuat image dari drive yang telah berhasil direstore kepada media penyimpanan sementara. Mengapa ini perlu dilakukan? Sebab jika kita memaksa akses data terus menerus dari drive yang rusak, maka bisa membuat kerusakan drive tersebut menjadi semakin parah dan pada akhirnya data bisa menjadi hilang permanen. Tentu hal ini sangat tidak kita inginkan, bukan?

Maka dari itu, sebaiknya drive yang menjadi sumber data hanya diakses sekali. Dari sana kita pindahkan semua datanya ke drive sementara untuk dilakukan imaging. Setelah imaging dilakukan, seluruh data yang berhasil di-recover akan berada di drive sementara. Kita lakukan akses data ke sini, dan jangan pernah sentuh hard drive yang rusak sama sekali. Pastikan drive yang menjadi tempat penyimpanan sementara ini kondisinya sehat.

Pada tahap ketiga, data retrieval, yaitu memindahkan data dari drive sementara menuju ke drive yang sudah diperbaiki, atau lebih baik lagi jika dipindahkan ke media storage yang benar-benar baru (Hard Disk, SSD/Solid State Disk/Flash Disk/SD Card, etc). Kesemua data yang sudah diketemukan tersebut nantinya akan dapat dipakai lagi dengan mengakses storage baru tersebut.

Kalau error pada drive asli masih ringan bisa dipakai ulang, akan tetapi jika sudah menengah atau berat kami sangat menyarankan untuk menggunakan media penyimpanan yang baru agar data benar-benar berada di tempat yang aman.

Yang perlu untuk diingat, jangan langsung lakukan restorasi tahap ketiga ini jika storage media Anda sebelumnya sudah rusak. Hal tersebut dapat menyebabkan data yang masih tersisa menjadi tertimpa oleh data baru, dan akhirnya 100% tidak bisa dipergunakan sama sekali.

Masih bingung dengan semua ini? Serahkan saja masalah data rusak Anda kepada jasa recovery data professional dari ahlidata.com.

Kiranya cukup dahulu untuk informasi kali ini. Moga artikel ini sedikit-banyak memahamkan mengenai jasa data recovery dan berbagai hal mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, servis hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Semoga informasi ini sedikit-banyak membuka wawasan seputar berbagai permasalahan itu.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

🔍 Cara Mengembalikan Data Yang Hilang, Cara Format Hardisk Yang Tidak Terbaca, Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk, Pengertian Penyimpanan, Mengembalikan File Di Flashdisk, Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk Eksternal, Cara Mengatasi Bad Sector Pada Hardisk, Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen Di Laptop, Cara Mengembalikan Data Hardisk Yang Terformat Tanpa Software