Free File Sync (FFS) Untuk Re-sync File Terhapus:Reparasi dan Perbaikan

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Jumpa kembali dengan teknisi data dan perbaikan hard disk. Moga-moga artikel kali ini secara umum semakin menambah wawasan tentang galaksi jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, perbaikan hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Dalam urusan data recovery, atau dalam urusan mengembalikan file yang terhapus, yang pertama-tama kita perhatikan justru bukan proses pengembalian data itu sendiri. Akan tetapi yang harus kita perhatikan adalah bagaimana sejak dari awal data yang kita perlukan atau kita butuhkan tidak hilang, hapus, dan juga tidak rusak. Best practice nya untuk keperluan seperti ini tentu adalah dengan menggunakan sistem backup yang mumpuni, baik sistem backup full, ataupun sistem backup yang bersifat incremental.

Untuk keperluan ini ada banyak software yang bisa anda gunakan. Banyak software yang spesialisasinya adalah melakukan back up dan restore data. Akan tetapi jika yang anda perlukan ternyata bukan sebuah sistem backup dan hanya sistem sinkronisasi file, maka Free File Sync bisa anda jadikan jagoan Anda untuk melakukan sinkronisasi data.

Kegunaan Software Free File Sync (FFS)

Free File Sync (FFS) merupakan salah satu software yang bisa anda gunakan untuk melakukan sinkronisasi data antar media storage. Hal ini memudahkan anda untuk menyamakan struktur file pada hardisk pertama ke hardisk ke-2 misalnya, atau menyamakan isi dari harddisk Anda sesuai hardisk Master di NAS. Singkatnya software ini membantu anda untuk melakukan cloning antar 2 folder atau 2 drive.

Ada beberapa mode operasi dan penggunaan software yang satu ini. Yang pertama adalah mode two-way atau dua arah, dimana Disini anda akan melakukan sinkronisasi antar dua folder dengan mempertimbangkan kondisi masing-masing folder. Misalkan ada file baru di sebelah kanan maka akan dicopykan kiri, sebaliknya jika ada file baru di sebelah kiri maka akan di-copy sebelah kanan. Penambahan file baru, pengurangan file, update file, semua akan diselesaikan menggunakan database dari Free File Sync (FFS).

Ada juga mode ke-2 yang merupakan mode yang paling sering dipakai oleh kami. Apa itu? Yaitu mode mirror atau cermin. Pada mode ini folder target akan menjadi disamaratakan dengan folder sumber. Seluruh data yang ada di folder target akan dibuat menjadi seperti cermin bagi folder sumber. File yang lama di folder target akan di-update sesuai file yang baru dari folder sumber. Jika ada file yang tidak ada di folder sumber, maka file tersebut akan dihapus dari folder target. Adapun untuk file yang sebelumnya tidak ada di folder target maka akan dicopykan polres sumber. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware merekomendasikan ini jika Anda ingin memanfaatkan FFS sebagai alat backup data Anda.

Selanjutnya ada yang mode update yaitu hanya mengcopy file yang baru dan telah diperbaharui dari folder sumber menuju folder target. Dan terakhir ada juga mode custom, dimana anda bisa menentukan sendiri apa jenis operasi yang ingin Anda lakukan oleh FFS, disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda.

Bukan Untuk Pengganti Backup Data

Secara umum software ini ini bisa membantu anda untuk menjaga agar data anda tetap aman. Setidaknya anda bisa melakukan satu copy backup dengan menggunakan mode mirror misalnya. Akan tetapi ya namanya juga sinkronisasi, paket data yang bisa anda punya hanyalah satu salinan saja. Jika Anda membutuhkan salinan berlapis-lapis dari data-data anda miliki, maka software yang khusus dipergunakan untuk melakukan backup dan restore jelas lebih layak dan lebih pas untuk anda pakai. Akan tetapi jika yang anda butuhkan adalah sinkronisasi file saja, menurut kami ini adalah software yang sangat baik dan sangat stabil, yang kemungkinan besar bisa mencukupi kebutuhan Anda dan organisasi Anda detik.

Nampaknya sekian dulu untuk update kali ini. Moga tulisan ini banyak memahamkan terkait jasa data recovery dan beragam permasalahan terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Semoga posting ini banyak menambah wawasan terkait beragam permasalahan ini.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery