Perkembangan Teknologi Hard Disk, Mempermudah Pengembalian File Terhapus?

Data Anda rusak? Ingin agar dapat diakses lagi? Kontak kami untuk mendapatkan jasa recovery data

Kembali lagi dengan kami spesialis data. Semoga makalah kali ini secara mendasar bisa mencerahkan terkait rumitnya jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Dalam 10 tahun kapasitas hardisk sangat meningkat pesat. Sebelumnya sekitar 10 tahun yang lalu kita masih membutuhkan 5 piringan data atau platter untuk bisa menampung 2 terabyte di dalam satu hard disk. Akan tetapi sekarang ukuran 2 terabyte bisa kita sajikan dalam satu piringan data saja atau dalam 1 platter. Sebagian orang mengatakan bahwa itu adalah keajaiban, namun bagi orang-orang bergerak dibidang apa PT Tanto itu bukan keajaiban akan tetapi kita menyebutnya sebagai inovasi.

Agak susah membayangkan Bagaimana keadaan dunia sebelum data bisa ditaruh dengan begitu mudahnya di tangan-tangan kita. Sekitar 20 tahun yang lalu mengkoordinasikan mobile phone dan dunia fotografi adalah sebuah hal yang agak susah untuk dibayangkan. 10 tahun yang lalu hardisk terbesar yang kita bisa beli ukurannya hanya 2 terabyte, yang berisikan 5 platter dan 10 heads pembaca. Pada waktu itu ukuran 2 terabyte terasa sangat besar sekali, akan tetapi lama-lama hanya menjadi biasa saja dan bahkan ukuran 2 terabyte di zaman sekarang tidaklah terlalu besar.

Adapun di era sekarang, teknologi penyimpanan data berkembang luar biasa dan sangat menarik. Perkembangan teknologi flash membuat terbukanya dunia baru dalam bidang personal computing, mobile smart device, dan Next Generation gaming. Akan tetapi di waktu yang sama karena banyaknya teknologi digital maka berkembang juga penggunaan data yang semakin meledak. Ini dikarenakan konsumen memindahkan data antar device, sensor, laptop dengan begitu intensnya. Sehingga diperlukan kemampuan penyimpanan data yang tinggi untuk bisa mengimbangi segala perkembangan tersebut. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) termasuk salah satu yang merasakan perlunya hal tersebut.

Salah satu yang harus cepat berkembang mengikuti tren ini adalah para produsen hardisk. Tidak bisa tidak diakui bahwa mereka adalah tumpuan untuk penyimpanan data di era sekarang, sebab SSD masih belum sebesar hardisk dalam sisi kapasitas penyimpanan, apalagi dalam sisi harga. Untungnya teknologi harddisk pun berkembang dengan sangat pesat.

Shingled Magnetic Recording (SMR)

Peningkatan kapasitas hingga 10 kali dari maksimal dalam 10 tahun terakhir misalnya, bisa diraih oleh penggunaan teknologi Shingled Magnetic Recording (SMR). Teknologi Shingled Magnetic Recording (SMR) dioptimalisasikan untuk mempercepat akses data sekuensial, dan salah satunya ini dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan teknologi berbasis cloud yaitu Dropbox.

Salah satu produk yang menggunakan teknologi SMR ini adalah 18 TB Ultrastar DC HC550 dari Western Digital. Hard disk berkapasitas raksasa ini berukuran 18 terabyte, yang dihasilkan dari kombinasi 9 platter atau piringan data, dengan kapasitas 2 terabyte pada setiap piringannya.

Perkembangan Teknologi Helium

Salah satu hal lain yang menjadi tumpuan perkembangan kapasitas dan kecepatan hardisk adalah munculnya teknologi helium sebagai pengisi ruang pada ruang utama hardisk. Manfaat penggunaan helium pada hardisk sudah diketahui selama bertahun-tahun, hanya saja para produsen hardisk banyak yang belum bisa menemukan cara bagaimana agar helium bisa tersegel dengan baik di dalam harddisk yang diproduksi secara massal. Untungnya sekarang para produsen Habis sudah bisa menemukan jawaban atas masalah tersebut. Seperti contohnya pada produk yang ada di atas, itu pun sudah menggunakan helium.

Helium memiliki kepadatan 1/7 saja dibandingkan udara biasa, sehingga drive yang diisi oleh helium akan mengalami turbulensi yang jauh lebih rendah dibanding jika menggunakan udara normal biasa. Hal ini menyebabkan hardisk bisa diproduksi menggunakan ukuran platter yang lebih tipis, sehingga bisa menambah jumlah platter di dalam satu ruangan yang sama, mengakibatkan ukuran hadis bisa jauh lebih besar dibanding sebelumnya. Sebagai contohnya hadis yang kami sebutkan di atas, bisa memiliki 9 plat data sekaligus.

Triple Stage Actuator

Mengurangi turbulensi dengan helium tidak hanya menambah jumlah disk per drive, tapi juga membuat para produsen hardisk bisa menambah data track yang lebih banyak pada setiap piringan. Untuk mengakses data yang ada di dalam jaringan tersebut tentunya harddisk perlu untuk mengontrol head dan arm dengan akurat, teknologi terbaru dengan menggunakan triple actuators bisa memungkinkan hal tersebut terjadi. Triple Stage Actuator (TSA) merupakan teknologi terbaru di industri hardisk yang memungkinkan harddisk menggunakan 3 pivot points untuk dapat mengontrol secara presisi di mana posisi head akan ditaruh, yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari sistem dual actuators.

Source: Anandtech

Teknologi Triple Stage Actuator (TSA) kurang lebih bekerja seperti tangan kita. Bagian sendi dari siku kita bisa mengubah posisi course dari tangan kita secara global, adapun bagian pergelangan tangan kita membantu untuk melakukan kegiatan dengan lebih presisi. Dengan cara seperti ini kita bisa melempar barang dengan sangat kencang dan cepat, sekaligus kita bisa melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi seperti melakukan bedah atau operasi.

Energy Assisted Magnetic Recording (EAMR) 

Selain penambahan teknologi helium dan juga triple stage actuators, salah satu hal menarik lainnya yang membuat kapasitas harddisk bisa semakin besar adalah penerapan teknologi Energy Assisted Magnetic Recording (EAMR). Teknologi ini berfokus pada Bagaimana caranya agar membuat setiap Beat magnetik menjadi semakin kecil dan semakin kecil.

Dengan semakin mengecilnya ukuran bit magnetik yang diperlukan untuk merekam data di dalam hardisk maka akan semakin besar angka bits per inch (BPI), atau dengan kata lain semakin banyak data yang bisa ditulis dalam ukuran yang sama di dalam satu piringan data atau platter. Karenanya kombinasi dari ketiga teknologi yang disebutkan di atas adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan masa depan yang semakin efisien dan semakin besar dalam kapasitas penyimpanan datanya, selain itu juga semakin cepat dalam aksesnya tentu.

Nampaknya cukup dahulu untuk kesempatan kali ini. Moga-moga postingan ini sedikit-banyak menginspirasi terkait jasa data recovery dan segala masalah terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Harapan kami info ini mampu menginspirasi terkait beragam permasalahan itu.

Data Anda rusak? Ingin agar dapat diakses lagi? Kontak kami untuk mendapatkan jasa recovery data