Jenis Bad Sector Penyebab File Terhapus

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Jumpa kembali bersama praktisi data. Moga-moga ulasan kali ini secara overview banyak menginspirasi mengenai planet jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, solusi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Dalam dunia jasa recovery data, salah satu hal yang paling sering menjadi masalah dari hard disk atau storage media milik konsumen adalah adanya banyak bad sector yang membuat data menjadi susah untuk dibaca, komputer menjadi hang atau tidak responsif sama sekali. Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apakah solusinya? Mari kita selidiki lebih dekat.

Source: SuperUser

Selama mereka ada di drive, bad sector akan mempengaruhi penggunaan komputer Anda dan dapat menyebabkan Anda kehilangan data Anda. Meskipun bad sector banyak yang tidak tampak seperti masalah besar karena mereka biasanya merupakan cluster kecil pada drive, mereka kemungkinan akan memiliki efek serius pada kegunaan drive dan kinerja komputer Anda. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) kami bisa menyimpulkan bahwa efek terkecilnya adalah performa yang melambat.

Jenis-jenis Bad Sector

Ada dua jenis bad sector pada hard drive, ini yaitu soft bad sector dan hard bad sector.

Hard Bad Sectors

Hard bad sector merujuk pada titik-titik buruk secara fisik pada hard drive yang menyebabkan komputer tidak dapat membaca atau menyimpan data ke tempat itu. Ini dapat disebabkan oleh berbagai hal berbeda seperti proses produksi yang berkualitas rendah, keausan karena penggunaan, atau drive yang terjatuh atau rusak karena berbagai hal selama penggunaan. Setelah Anda melihat ada masalah dengan hard drive Anda, Anda dapat menjalankan “chkdsk” untuk memeriksa error pada hard drive Anda dan mendapatkan laporan bad sector.

Soft Bad Sectors

Sektor buruk lunak biasanya disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau masalah power supply ke hard drive Anda. Jika Anda menulis data ke hard drive Anda dan hard drive kehilangan daya karena telah dicabut, maka kemungkinan akan terjadi sebuah bad sector. Ini karena sektor pada drive tidak cocok dengan kode error correction code (ECC) mereka di Windows, penyebabnya ya itu tadi, kehilangan power saat menulis ke hard disk. Masalah sistem dan malware yang tidak terduga juga bisa menyebabkan sektor buruk berkembang.

Recovery Data Dari Bad Sector

Jika seseorang mencoba untuk melakukan cloning hardisk maka bisa jadi mereka mengalami proses kloning berhenti sebelum selesai dilakukan, hal ini biasanya umumnya dikarenakan adanya bad sector pada harddisk sumber yang akan di kloning. Jika hal ini terjadi biasanya anda akan mendapatkan pesan bahwa adanya error dalam pembacaan data di hardisk. Jika anda memaksa masih ingin membaca data dari hardisk tersebut yang memiliki bad sector, maka ada baiknya jika Anda berusaha untuk menghilangkannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

  1. Pada Windows search pane/start menu, ketikkan “cmd” lalu klik kanan dan “Run as Administrator” untuk membuka command prompt sebagai admin.
  2. Ketikkan “chkdsk /f /r /x X:”, di mana X: adalah drive yang ingin Anda cek keberadaan bad sectornya dan ingin Anda coba perbaiki. Selanjutnya Windows akan segera melakukan proses scanning bad sector dan akan mencoba melakukan recovery bad sector.

Perlu disadari bahwa ini adalah upaya dengan kemampuan yang terbatas. Umumnya ini tidak bisa memperbaiki bad sector terutama jika berupa bad sector fisik. Proses recovery data Anda tetap bisa terganggu karena hal ini (bad sector tidak bisa diperbaiki).

  1. Ingin mengulangi hal yang sama pada drive lainnya? Ganti X: pada command poin sebelumnya dengan lokasi di mana Anda ingin melakukan scanning.

Namun demikian, akan memakan waktu lama sekali jika ada banyak bad sector pada drive. Juga, itu kurang bermanfaat mencoba memperbaiki bad sector pada hard disk yang sudah banyak sekali bad sectornya, sia-sia saja. Akan lebih tepat untuk melakukan proses data recovery dan memindahkan data Anda ke storage media yang baru.

Kiranya kami cukupkan dahulu untuk edisi kali ini. Harapan kami info ini sedikit-banyak mencerahkan mengenai jasa recovery data dan berbagai hal mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga postingan ini bisa menambah wawasan seputar berbagai permasalahan ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!