Trik cPanel/WHM: Mengembalikan File Terhapus Dari Backup

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Bertemu lagi bersama kami Ahli Data. Moga-moga makalah kali ini secara overview banyak memahamkan terkait samudera jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Mungkin ada diantara teman-teman yang menggunakan cPanel/WHM sebagai solusi untuk manajemen server Linux mereka, terutama untuk kebutuhan sebagai web server. Bisa jadi diantara teman-teman juga yang pernah mengalami kehilangan data saat menggunakan solusi cPanel/WHM tersebut. Jika hal tersebut terjadi bagaimana solusinya? Berikut jawabannya.

cPanel/WHM adalah salah satu control panel untuk web server yang yang sangat populer di dunia, sehingga hampir pasti setiap perusahaan hosting yang ada menawarkan produk ini. Memang yang tidak setiap perusahaan hosting, tapi mayoritas dari mereka menawarkan cPanel/WHM ini.

Salah satu kelebihan dari cPanel/WHM adalah adanya fitur backup dan restore yang memudahkan kita untuk melakukan backup dan recovery. Sehingga jika suatu saat kita mengalami musibah, untuk melakukan restorasi file yang terhapus sangat mudah di cPanel/WHM, proses data recovery akan berlangsung beberapa menit saja. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) sudah sering memanfaatkan fitur ini.

Syarat Melakukan Restorasi di cPanel/WHM

Sebagai informasi bahwa untuk dapat melakukan restorasi file dan folder secara mudah di cPanel/WHM maka anda perlu untuk melakukan setting agar file backup tetap ada di server dan tidak langsung dihapus setelah proses generate backup dilakukan. Caranya Anda masuk ke dalam WHM, ke halaman backup configuration, lalu berikan tanda centang pada opsi untuk retain backup seperti pada gambar di atas.

Langkah Mengembalikan File Yang Hilang

Berikutnya jika anda telah mengaktifkan hal tersebut, anda perlu untuk menunggu sekitar 1 hari agar file backup di generate server Anda. Dari file backup yang telah di generate tersebut barulah kita bisa melakukan file and directory restoration.

Cara untuk mengembalikan file yang terhapus/hilang sendiri adalah sebagaimana berikut:

Yang pertama anda perlu untuk masuk kedalam WHM lalu pilih menu backup. Darimana Pilihlah submenu file and directory restoration.

Selanjutnya pada opsi file and directory restoration pilihlah user account yang ingin anda lakukan restorasi file dan datanya. Pada contoh gambar di atas, kita akan mencoba melakukan pengembalian file yang terhapus atau hilang pada akun ahlidata.

Selanjutnya pilihlah dimana folder yang menampung file atau data yang ingin anda kembalikan tersebut. File yang terhapus misalnya berada pada public_html pada contoh di artikel ini. Maka kita pilih public_html.

Selanjutnya cari nama file yang ingin anda restorasi lalu klik pada tulisan “show backups” di sebelah kanan nama file untuk menampilkan option file mana saja yang dapat di-restorasi, beserta waktu dan tanggal backup dilakukan.

Selanjutnya Anda akan melihat pilihan beberapa versi file backup beserta tanggal pengambilan backup tersebut. Pada contoh diatas kita lihat untuk file readme.html di atas ada backup yang dibuat pada tanggal 3 Agustus 2020, kita coba untuk melakukan restore file ke pada tanggal tersebut dengan menekan restore pada bagian kanan opsi yang muncul.

Jika anda sudah yakin dengan pilihan tersebut maka lakukan konfirmasi dengan menekan tombol confirm yang muncul pada layar untuk segera melakukan proses mengembalikan file yang hilang atau terhapus dari server Anda.

Setelah beberapa saat restorasi file akan sukses dilakukan yang ditandai dengan munculnya pop-up atau modal box di layar WHM yang sedang Anda lihat. Dengan demikian selesailah proses restorasi data ini. Cara di atas bisa juga anda pakai untuk melakukan restorasi folder, walaupun contoh yang diberikan adalah restorasi file. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kami rasa itu dulu untuk kesempatan kali ini. Semoga posting ini berhasil mencerahkan mengenai jasa data recovery dan semua hal mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Harapan kami artikel ini sedikit menambah ilmu mengenai segala masalah ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!