Perubahan Identifikasi Hard Disk Western Digital

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery

Jumpa kembali bersama kami Ahli Data dan reparasi hard disk. Moga informasi kali ini secara luas dapat mencerahkan seputar peliknya jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/SSD tidak terbaca, jasa recovery ransomware, dst.

Western Digital sebagai salah satu produsen hardisk terkenal pernah mengalami masalah karena tidak menjelaskan teknologi yang dipakai di dalam hardisknya secara detail, dan kali ini mereka mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat sistem identifikasi hardisk yang lebih detail bagi penggunanya.

Dalam rangka untuk mengatasi masalah tersebut sekarang Western Digital merubah nomor model dan fitur SMART reporting pada beberapa hardisk kelas 5400 RPM yang dimilikinya lebih merefleksikan data teknis sebenarnya, yaitu sebenarnya dia berputar pada 7200 RPM. Bagi perusahaan recovery data tentunya senang dengan kecepatan tinggi, tapi tidak bagi banyak pihak lainnya.

Source: Western Digital

Beberapa detektif hardware pernah mencoba untuk mengecek akurasi klaim dari Western Digital bahwa hardisk mereka berputar pada 5400 RPM, dan ternyata mereka menemukan bahwa hardisk tersebut berputar pada 7200 RPM. Hal ini Tentunya membuat drive mengkonsumsi lebih banyak listrik dan menghasilkan lebih banyak panas serta suara berisik dibandingkan drive 5400 RPM. Western Digital memberikan alasan bahwa mereka menampilkan spesifikasi driver dasar kelas performa, akan tetapi ketika dicek ternyata memang performanya lebih daripada hard disk kelas 5400 RPM pada umumnya.

Laporan terbaru dari sebuah media Jerman yang bernama Heise Online melaporkan bahwa Western Digital sekarang telah merubah model number untuk hardisk mereka yang memiliki jenis Red Plus berkapasitas 8, 10, 12 dan 14 terabyte untuk merefleksikan data teknis yang lebih akurat yaitu putaran drive pada 7200 RPM.

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data, service hard disk dan ransomware cukup terkejut mendengar berita ini, karena tidak pernah ada kasus seperti ini yang kami dengar sebelumnya.

Statement Western Digital

Pihak Western Digital telah memberikan statement terkait hal ini, seperti dikutip dari Tom’s Hardware mereka menyatakan bahwa:

Pada jajaran Western Digital Red Plus kami mengganti model number untuk beberapa drive dengan ukuran tertentu. Hal ini untuk memberikan kejelasan yang lebih kepada para konsumen, dimana kami mengupdate material dan device ID untuk lebih merefleksikan kecepatan putaran yang sebenarnya pada produk ini sesuai yang dilaporkan oleh firmware. Untuk HDD WD Red Plus tidak ada perubahan pada firmware dan performa harddisk. Pada dasarnya dia tetap merupakan hardisk yang sama. Untuk power, akustik dan kecepatan data transfer silakan mereferensi pada datasheet terbaru karena produk yang dikeluarkan setelah dites untuk sesuai dengan spesifikasi yang di dokumentasikan.”

Terlepas dari penamaan model baru ini, fungsionalitas hardisk tetap seperti yang telah ada atau tidak berubah. Western Digital telah merubah product sheet mereka pada jajaran WD Red Pro untuk mencantumkan rotasi yang benar yaitu 7200 RPM, akan tetapi tidak ada perubahan pada model-model yang lain.

Western Digital sebelumnya juga pernah memiliki masalah kontroversial yaitu disclosure yang tidak ada atau tidak jelas dalam penjelasan teknologi apa yang dipakai pada beberapa hardware yang mereka keluarkan. Mereka tidak memberikan peringatan bahwa sebagian hardisk WD Red yang mereka keluarkan menggunakan teknologi SMR yang membuat proses penulisan menjadi lambat, hal tersebut membuat munculnya gugatan dari berbagai pihak terhadap Western Digital.

Nampaknya ini dulu untuk info kali ini. Semoga informasi ini sukses menambah ilmu seputar jasa data recovery dan segala sesuatu seputar cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, service hard disk/SSD tidak terbaca, service ransom ware, dst. Moga ulasan ini sedikit menginspirasi mengenai semua hal ini.

Hard disk / SSD rusak? Terkena virus dan ransomware? Tenang, kami bisa membantu service dan recovery