Hard Disk Paling Durable – HGST Ultrastar He12. Tidak Ada Kerusakan, Tidak Ada File Terhapus.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang kembali bersama kami praktisi data. Moga informasi kali ini secara mendasar banyak menambah ilmu tentang kompleksitas jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Backblaze salah satu perusahaan jasa backup dan recovery paling besar baru saja mengeluarkan laporan rutin mereka yang membahas tentang mana saja hardisk yang paling reliable sesuai riset mereka. Data yang mereka keluarkan merupakan rangkuman dari riset mereka terhadap hard disk yang mereka pakai memberikan servis backup dan recovery kepada jutaan orang di seluruh dunia, Di mana mereka menggunakan ratusan ribu harddisk untuk melayani para pengguna tersebut.

Dan menurut hasil riset mereka HGST Ultrastar He12 adalah yang paling reliable dimana dari sekitar 1500 jenis ini yang mereka pakai angka failure rate-nya diproyeksikan dalam setahun akan mencapai 0%, di mana berbagai merk hardisk lainnya bisa mencapai angka 1,4%. Atau dengan kata lain hardisk ini sangat tangguh dan sangat tidak mudah rusak jika dibandingkan dengan merek dan model hardisk yang lainnya.

Dari segi kapasitas untuk ukuran 12TB di zaman sekarang sangatlah besar, memang bukan yang terbesar sih tapi tetap terbilang sangat besar apalagi jika dibandingkan dengan penggunaan harian kebanyakan kita. Ya tentu saja karena memang ini diperuntukkan untuk perusahaan yang memiliki data raksasa sehingga tentunya terasa sangat-sangat besar bagi kebanyakan kita. Setidaknya untuk ukuran hari ini.

Dari segi kecepatan hardisk ini berputar pada angka 7200 RPM dan memiliki koneksi SATA 3 di angka 6 giga byte per second, menjadikan hardisk ini cukup cepat tahap data yang kita berikan kepadanya dan cukup cepat juga memuntahkan data yang kita minta darinya. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) membutuhkan fitur ini 🙂

Lalu apa yang membuat hardisk ini sangat reliable dan durable? Ada beberapa kombinasi yang menyebabkan hal itu: pertama spindle-nya kualitasnya bagus sekali, kedua dia memiliki peredam vibrasi yang membantu agar head dan platter stabil di tempatnya tidak bergesekan yang membuat keduanya rusak. Dan yang terakhir hardisk ini sudah memakai teknologi helium di mana helium yang dipergunakan untuk mengisi ruang head dan platter memungkinkan gesekan yang lebih kecil antara udara dengan head dan platter, sekaligus menurunkan konsumsi daya saat melakukan operasi baca dan tulis dan pemutaran piringan data.

Untuk harga sendiri saat kami cek di beberapa toko online masih di kisaran 8 setengah juta rupiah, sebuah harga yang cukup mahal untuk harddisk berkapasitas 12 terabyte yang berarti harganya sekitar 700 ribu rupiah per terabyte. Mungkin anda perlu berpikir ulang lagi jika ingin mendapatkan value yang terbaik per terabytenya. Sebagai gambaran hardisk Toshiba X300 yang pernah kami review sebelumnya hanya di angka Rp400.000 per terabyte, atau bisa dibilang hampir setengah dari biaya yang diperlukan untuk mendapatkan kapasitas yang sama dari harddisk ultrastar ini.

Namun demikian Jika yang anda cari bukanlah performa ataupun harga yang murah akan tetapi ingin mencari kepastian dan kenyamanan serta ketenangan bahwa data Anda akan aman selama beberapa tahun ke depan (hardisk tidak cepat rusak) maka tidak ada salahnya mencoba memakai HGST Ultrastar He12 12TB. Nah sekarang tinggal lihat saja kepada kondisi keuangan anda masing-masing apa yang menjadi tujuan anda dalam membeli hardisk: kecepatan atau ketenangan?

Selamat memilih yang anda rasa sesuai.

Baiklah itu dulu untuk informasi kali ini. Semoga posting ini banyak menambah wawasan seputar jasa recovery data dan beragam permasalahan seputar cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga-moga jurnal ini banyak mencerahkan tentang semua hal itu.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!