Atola Insight Forensic Untuk Mengembalikan File Terhapus

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Kembali lagi dengan teknisi data. Moga ulasan kali ini secara garis besar sedikit menginspirasi tentang belantara jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Untuk Anda yang banyak melakukan data recovery untuk keperluan forensik seperti para penegak hukum, hardware yang satu ini adalah hardware yang anda butuhkan. Atola Insight Forensic, itulah nambah hardware yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Masih satu kategori dengan Deepspar Disk Imager namun dengan penambahan kemampuan data forensic.

Atola Insight Forensic menawarkan fungsi data recovery yang sangat kompleks, yang disertai dengan utilitas untuk mengakses harddisk secara manual pada level yang paling rendah sekalipun. Software yang dipergunakan disertakan dalam paket penjualan dan memiliki user interface yang sangat efisien serta sederhana.

Alat recovery data forensik yang dikembangkan oleh Atola ini sangat cocok dan pas digunakan untuk para pakar forensik dan para penegak hukum di seluruh dunia. AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) menilai bahwa alat ini sangat diperlukan jika Anda bekerja di dunia penegakan hukum, utamanya di bagian forensik digital.

Isi Paket Penjualan Atola Insight Forensic

Hanya ada beberapa bagian yang termasuk di dalam paket penjualan Atola Insight Forensic. Yang pertama adalah software untuk mengatur penggunaan hardware, lalu ada juga DiskSense hardware unit dimana inilah tempat anda melakukan copy data, dan yang terakhir ada juga hardware extensions (optional).

Semua fungsi dari disk imager ini dimaksudkan agar dapat men-support media yang rusak. Dalam kasus dimana forensik image yang lain akan mengalami stop atau membatalkan media karena error, maka Atola Insight Forensic masih bisa membuat image yang bisa dibaca sehingga lebih dapat diandalkan dibanding imager yang lain.

Sistem Atola Insight Forensic memiliki banyak fitur penting yang diperlukan untuk penanganan kasus forensik seperti:

  • Kecepatan pembuatan image mencapai 520 MB per detik
  • Multi-pass imaging untuk drive yang rusak
  • Pembuatan image dengan format e01 atau RAW, bisa ditaruh pada target drive ataupun di jaringan
  • Diagnosa hardisk otomatis secara mendalam
  • Ekstraksi password ATA
  • Manajemen kasus untuk pembuatan report mendetail secara otomatis
  • Kalkulasi hash MD5, SHA1, SHA224, SHA256, SHA384, SHA512
  • Mendukung penghapusan data forensik seperti DoD 5220.22-M, Secure Erase, NIST 800-88, Pattern Erase
  • Mendukung recovery file forensik untuk file system NTFS, APFS (with encrypted volumes), Ext 2/3/4, HFS, HFS+, ExFAT, FAT16, FAT32
  • Mendukung SATA, IDE, SAS, USB media
  • Mendukung Apple PCIe (2013 – terbaru) dan juga M.2 PCIe SSDs
  • Sudah termasuk fungsi hardware white blocker
  • Koneksi 10gbps tambahan melalui mode ekstensi

Pembuatan Image Drive Yang Rusak

Pembuatan Image Drive

Atola Insight Forensic adalah produk hasil industri data recovery dan juga forensik, yang memiliki kemampuan untuk mengevaluasi kesehatan hardisk secara akurat dan menentukan secara pasti di mana masalah spesifiknya. Fitur ini memungkinkan Atola forensic data recovery tools untuk menghitung berbagai faktor penting terkait drive yang akan diproses sebelum melakukan imaging

ATA Password Removal

Atola Insight Forensic secara otomatis menghapus password ATA dari hardisk hanya dalam 2 menit. Fitur yang sangat kompleks ini bisa dilakukan oleh operator hanya dengan menekan satu tombol saja. Apabila memungkinkan, password yang sudah diekstrak akan ditampilkan saat dihapus.

Ekstraksi Hard Disk Bukti

Melakukan ekstraksi setiap fragmen data dari hardisk adalah bagian yang sangat krusial pada saat proses data recovery. Sistem imaging pada hardware ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan proses imaging untuk mengatasi media yang rusak atau tidak stabil. Modul hardware sekarang sudah dibekali dengan selective head imaging, sehingga memungkinkan operator untuk mengidentifikasi status head baca tulis tertentu, lalu berikutnya membuat cara imaging yang disesuaikan dengan kondisi harddisk tersebut.

File Recovery

Proses file recovery sangat sederhana, intuitif dan efektif. Kemampuan file recoverynya terintegrasi langsung dengan kemampuan disk imaging dan case management system untuk dapat mengekstrak data secara efektif.

Management Kasus Yang Mudah

Atola Insight Forensic adalah satu-satunya data recovery yang dibuat untuk memudahkan manajemen kasus. Semua fungsi dalam produk ini terkait antara satu dengan yang lainnya. Sistem menjejak dan menuliskan setiap aksi yang dilakukan terhadap hard disk. Jika sebuah sesi terpaksa berhenti dan hard disk yang dipakai tercabut, makan nanti saat dikoneksikan kembali sistem akan mengenali hard disk dan memberi operator opsi untuk membuka kasus yang sama.

Fitur Yang Lengkap

  • Pencarian artifak forensik
  • Hashing yang tersegmentasi
  • Konfigurasi definisi dan perubahan parameter hard disk
  • Monitoring arus HDD dan diagnosa berkelanjutan
  • Di editor untuk memodifikasi data hard drive
  • Kemampuan keamanan seperti penambahan atau penghilangan password
  • Kemampuan untuk membuat script custom untuk low level drive access
  • Perbandingan 1 drive ke 3 drive atau images
  • Penghapusan target dengan kelas forensic atau security erase

Kebanyakan dari fungsi-fungsi ini ini dijelaskan melalui menu fitur diatas software. Terdapat pula buku manual yang bisa dicek untuk memperjelas fungsi-fungsi yang tersedia.

NVMe Support

Atola sudah mensupport NVMe disk imaging, seperti dijelaskan di website resminya

FAQ Tentang Firmware Recovery

Salah satu kelemahan Atola adalah kemampuan firmware recovery yang kurang baik dibandingkan alat lainnya seperti PC-3000 misalnya. Akan tetapi seberapa pentingkah kemampuan itu? Berikut jawaban Atola:

Which hard drive models does the Atola Insight Forensic support for firmware recovery?

The Atola Insight Forensic provides firmware recovery capability in two ways: by automatically repairing firmware and providing direct access to firmware files for manual repair. Different sets of hard drive models are supported for each of these approaches due to differences in firmware design by the hard drive manufacturers. For a complete and up to date list of supported hard drive models for firmware recovery, see the supported drives page.

How commonly do modern hard dives experience firmware corruption?

Less than 10% of data recovery cases with modern hard drives involve firmware corruption. Occasionally, a manufacturer will release a hard drive with flawed firmware and data recovery labs will see a spike in firmware recovery jobs for a period of time.

What is the difference between firmware files stored in on the HDD platter and ROM/EEPROM/NVRAM?

This depends on the HDD manufacturer and hard drive model. Each hard drive has its own preferences for where firmware data is stored.

Sepertinya sekian dulu untuk kesempatan kali ini. Semoga makalah ini dapat menambah ilmu mengenai jasa data recovery dan berbagai hal mengenai cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, reparasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga entry ini bisa membuka wawasan tentang beragam hal ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!