HGST (Hitachi Global Storage Technologies), Legenda Recovery Data

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Selamat datang lagi bersama kami Ahli Data. Moga info kali ini secara overview sedikit-banyak memahamkan mengenai belantara jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Tidak banyak dari kita yang mengenal tentang hgst atau Hitachi Global Storage Technologies, padahal perusahaan ini adalah salah satu produsen hardisk yang berkualitas tinggi. Mengapa bisa demikian? Mari kita coba bahas pada kesempatan kali ini.

Dulunya perusahaan ini adalah anak perusahaan kita Hitachi, yang dibentuk melalui akuisisi Hitachi atas bisnis hard disk IBM. Kemudian perusahaan ini diakuisisi oleh Western Digital pada tahun 2012. Akan tetapi hingga tahun 2015 bulan Oktober perusahaan ini diwajibkan untuk beroperasi secara autonomous dan tidak terkait dengan Western Digital karena kondisi yang yang ditentukan oleh pemerintah Cina. Pemerintah Cina kemudian memberikan izin kepada Western Digital untuk lebih mengintegrasikan HGST kepada bisnis utamanya. Akhirnya mulai tahun 2018 brand HGST dihapus dan seluruh sisa produknya sekarang dipasarkan dengan nama Western Digital.

Karena sekarang namanya memakai Western Digital itulah sebabnya kita tidak pernah mendengar nama HGST lagi. Beritanya mungkin tidak segencar berita IT lainnya, sehingga AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) pun baru mengetahui hal ini akhir-akhir ini.

Sejarah Singkat HGST

Hitachi Global Storage Technologies didirikan pada tanggal 6 Januari tahun 2003 sebagai manajer dari lini bisnis hardisk oleh IBM dan Hitachi. Hitachi membayar kepada IBM sebesar 2 miliar dolar untuk mengakuisisi lini bisnis hardisknya.

Pada tanggal 8 Maret 2012 western Digital mengakuisisi HGST dengan nilai 3,9 miliar Dolar dalam bentuk tunai dan 25 juta Dolar dalam bentuk saham Western Digital yang nilainya sekitar 900 juta dolar. Hasilnya yang menyebabkan Hitachi memiliki sekitar 10% dari saham Western Digital dan memiliki hak untuk menentukan 2 orang sebagai board of director’s di Western Digital. Karena ada masalah dengan Anti-trust maka pemerintah China memerintahkan HGST untuk beroperasi independen dari Western Digital, dan melarang integrasi antara kedua perusahaan tersebut. Karena itulah kedua perusahaan tersebut beroperasi terpisah dalam riset dan development serta membuat produk masing-masing.

Sebagai bagian dari perjanjian bisnis Western Digital setuju untuk menukar aset dengan Toshiba, di mana Toshiba mendapat aset untuk produksi harddisk ukuran 3.5 inci sebagai ganti dari pabrik Toshiba di Thailand yang memproduksi harddisk ukuran 2.5 inci yang sudah tidak beroperasi sejak banjir pada tahun 2011.

Produk Unggulan HGST

Beberapa produk dari HGST (Hitachi Global Storage Technologies) adalah sebagai berikut:

  • Ultrastar: adalah jajaran hardisk 3.5 inci dan 2.5 dengan kualitas enterprise. Dengan interface SCSI, Fibre Channel, SAS, juga SATA
  • Deskstar: adalah jajaran hardisk tiga setengah inci untuk desktop dengan interface SATA
  • Travelstar: adalah jajaran harddisk 2.5 dengan interface SATA dioptimalkan untuk penggunaan mobile
  • Endurastar: adalah jajaran harddisk yang dibuat lebih tangguh dengan interface PATA atau SATA, hard disk ini tidak mudah rusak dan biasanya dipakai untuk keperluan automotive
  • Cinemastar: adalah jajaran harddisk berukuran 2,5 dan 3,5 inci, yang dioptimalkan untuk penggunaan alat elektronik rumahan, yang membutuhkan operasi senyap dan kemampuan streaming

Adapun untuk produk-produk eksternal, HGST memproduksi:

  • LifeStudio, adalah produk yang diluncurkan pada tahun 2010 akan tetapi sudah berhenti diperjualbelikan. Ini adalah external hard disk yang mengkombinasikan tampilan tiga dimensi dan software pengorganisasi foto
  • G-Technology, adalah produk storage eksternal yang diakuisisi pada tahun 2009. Jajaran produk ini akhirnya dijual ke Apple Macintosh communities, termasuk kepada para pengguna konten multimedia seperti Final Cut Pro yang merupakan software professional untuk editing audio video
  • Touro, yaitu jajaran produk back-up untuk keluarga dan cloud

Kiranya itu dulu untuk kesempatan kali ini. Harapan kami artikel ini sedikit mencerahkan tentang jasa recovery data dan semua tentang cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, solusi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Semoga makalah ini banyak membuka wawasan terkait beragam permasalahan itu.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!