Agar Jasa Recovery Data Dapat Maksimal

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Jumpa lagi bersama kami pejuang data. Moga tutorial kali ini secara umum dapat membuka wawasan tentang galaksi jasa recovery data, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, servis hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Tidak ada diantara kita yang ingin untuk merasakan kehilangan data yang dia miliki, karena tentulah kehilangan data merupakan suatu hal yang sangat tidak menyenangkan. Terlebih lagi ketika kita sedang deadline dalam pekerjaan kita, atau mengerjakan tugas penting dari sekolah dan kuliah, juga jika ada kenangan yang sangat berharga dalam data yang kita miliki. Dengan demikian sudah seharusnya kita harus selalu menjaga agar data-data yang kita miliki aman dari potensi kerusakan.

Yang jadi masalah kalau sudah terlanjur rusak, data yang sudah terlanjur rusak biasanya akan sulit diperbaiki 100%. Seringkali akan ada beberapa persen data yang hilang bahkan bisa jadi seluruhnya. Akan tetapi resiko kehilangan data tersebut bisa dikurangi dengan teknik-teknik recovery data yang baik dan benar. Nah, jika anda sudah mengalami kehilangan data maka Bagaimana cara untuk memperbesar kemungkinan keberhasilan data recovery?

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) mencoba untuk menjelaskannya.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan persentase keberhasilan recovery data. Di antaranya:

  • Segera Cabut Storage Media Dari Komputer

Yang paling penting untuk Anda lakukan setelah anda mengalami kehilangan data adalah untuk segera mencabut media storage atau media penyimpanan data yang rusak tersebut. Misalkan data Anda terdapat di dalam harddisk, maka begitu data tidak dapat diakses segera matikan komputer dan cabut hardisk tersebut dari laptop atau komputer Anda. Mengapa demikian?

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya proses overwriting data. Proses overwriting data bisa dijelaskan secara singkat sebagai proses penulisan data baru di atas tempat data lama pada media storage. Ini bisa dianalogikan bagaikan Anda menghapus tulisan pensil di kertas lalu ditulis ulang di atas tempat yang telah dihapus tersebut, itulah proses overwriting data. Jika data kita telah ter-overwrite maka data kita tidak akan dapat dibaca sama sekali oleh komputer, bahkan perusahaan jasa recovery data kemungkinan besar pun tidak akan dapat menolong Anda jika data lama telah ter-overwrite.

Semakin lama Anda membiarkan media storage tetap terhubung di laptop atau komputer Anda, maka semakin besar pula kemungkinan data tersebut ditimpa oleh data yang baru. Hal ini menjadikan risiko kehilangan data secara permanen menjadi sangat-sangat besar.

  • Jangan Lakukan Apa Pun

Yang berikutnya harus anda lakukan adalah jangan melakukan proses recovery mandiri kepada stored media yang Anda gunakan tersebut, kecuali Anda memang memiliki alat khusus berupa hardware recovery data dan software recovery data. Sayangnya kebanyakan dari kita tidak memiliki hardware khusus recovery data dikarenakan harganya yang sangat mahal, di mana harga satu set peralatan nya bisa mencapai harga sebuah mobil baru.

Dalam banyak kasus mereka yang berusaha untuk mengutak-atik storage media yang bermasalah secara mandiri tanpa software dan hardware khusus justru memperberat kerusakan yang telah terjadi. Biasanya terjadi kasus penambahan goresan/kerusakan secara fisik pada hardware penyimpanan data, juga kasus overwriting data secara logical, bahkan jika tidak hati-hati bisa terjadi short circuit pada hardware penyimpanan data. Jika telah mencapai kasus-kasus seperti itu maka akan sangat kecil kemungkinan data yang tidak terbaca bisa diselamatkan.

Memang rasanya “gatal” jika kita tidak bisa melakukan apapun, apalagi jika hardwarenya ada di genggaman tangan kita. Tapi Jika Anda memang mengutamakan keselamatan data maka ini adalah hal yang benar serta langkah yang tepat untuk dilakukan.

  • Kontak Perusahaan Jasa Recovery Data

Langkah terbaik berikutnya agar data Anda bisa segera diselamatkan dan dikembalikan adalah dengan segera mengirimkannya ke penyedia jasa recovery data yang profesional. Mereka biasanya memiliki peralatan khusus untuk membaca storage media yang bermasalah, dengan hardware canggih yang harganya mencapai harga sebuah mobil baru, yang bisa membuat mata kita terbelalak mendengarnya. Dengan hardware khusus tersebut serta software yang dikhususkan untuk proses recovery data, penyedia jasa recovery data bisa membantu proses pengembalian data Anda.

Berapa banyak data yang bisa dikembalikan? Jawabannya sangat tergantung kepada tingkat kesehatan dari storage media Anda, sudah sejauh apa data diproses atau diolah sebelum dikirimkan ke penyedia jasa tersebut. Semakin bagus level kestabilan dan kehandalan dari hardware Anda, akan semakin mudah bagi penyedia jasa recovery data untuk mengembalikan data yang rusak tersebut.

Bila hardware anda sudah rusak, misalkan piringan hard disk banyak lecet, atau flash storage sudah terbakar, maka kemungkinan data yang selamat akan kecil. Demikian juga jika semakin lama anda mencopot storage media seperti hard disk/flash disk/SD card/SSD dari komputer atau laptop yang bermasalah sebelum akhirnya anda kirimkan ke spesialis data recovery, maka semakin besar kemungkinan data yang Anda butuhkan telah teroverwrite oleh data baru dan mengurangi persentase keberhasilan pemulihan data.

Maka, ikutilah saran kami, langsung copot tempat penyimpanan data Anda begitu tanda-tanda kerusakan muncul. Lalu segera kirimkan kepada pihak yang professional agar data yang anda miliki tidak hilang selama-lamanya.

OK sampai di sini untuk update kali ini. Moga-moga artikel ini semakin menginspirasi terkait jasa recovery data dan segala masalah terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, pemecahan hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga-moga entry ini dapat menambah wawasan tentang berbagai hal itu.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!