Flash Disk Kecepatan Tinggi Untuk Recovery Data

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!

Bertemu kembali dengan kami praktisi data. Semoga informasi kali ini secara general sedikit-banyak menginspirasi terkait sulitnya jasa data recovery, cara mengembalikan file yang terhapus/hilang, solusi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst.

Flashdisk tentunya bukan alat yang asing ya untuk kita, hampir pasti setiap kita sudah pernah menggunakannya di zaman ini terutama untuk memindahkan file-file penting kita yang tidak terlalu besar tanpa perlu menggunakan koneksi internet. Untuk mendapatkan hasil maksimal tentunya kita perlu untuk memilih flashdisk dengan kecepatan tinggi, apa saja yang direkomendasikan untuk itu? Mari kita bahas bersama.

Source: Tech Radar

Sebelum dilanjutkan pembahasannya, perlu diketahui bahwa flashdisk yang akan kami bahas dalam kesempatan kali ini adalah dengan tinjauan data recovery atau proses pengembalian data yang hilang. Karena itu kami melihat speed atau kecepatan baca tulis dari flashdisk sebagai poin utama nama yang paling perlu diperhatikan, bukan dari ukuran atau harga ataupun merk. Kenapa kecepatan? Karena bagi kami kecepatan itu sangat penting dalam proses data recovery, di mana proses recovery data biasanya melibatkan jumlah data yang sangat banyak. Sehingga jika kecepatan yang rendah maka proses recovery data akan menjadi sangat lambat.

AhliData.com sebagai penyedia jasa recovery data (mengembalikan file yang hilang/terhapus, memperbaiki hard disk/flash disk tidak terbaca, dst) selalu merekomendasikan untuk menggunakan storage media berkecepatan tinggi agar Anda tidak menghabiskan waktu terlalu lama dalam proses recovery data dari storage media apa pun.

Rekomendasi Flash Disk Berkecepatan Tinggi Untuk Recovery Data

Adapun merk-merk yang kecepatannya tinggi sehingga cocok digunakan dalam proses recovery data menurut kami sehingga Anda tidak menghabiskan banyak waktu mengembalikan file yang terhapus atau data hilang adalah sebagai berikut:

  1. Kingston HyperX Savage USB 3.1 128GB

Yang pertama adalah merek Kingston HyperX Savage USB 3.1. Produk yang satu ini memiliki kecepatan yang sangat impresif dia memiliki kecepatan hingga 257 MB per sekon, yang berarti anda bisa membaca dan menulis hingga 925 GB data dalam satu jamnya. Ini berarti jika anda melakukan recovery data dari hardisk berukuran 80 GB ke flash disk ini anda hanya membutuhkan waktu sekitar 311 detik atau kurang lebih 5 menit saja. Tentunya ini akan sangat menghemat waktu pemulihan data Anda dan tim.

  1. Corsair Voyager GS 128GB

Sama dengan Kingston HyperX Savage di atas, flash disk yang satu ini juga memiliki kecepatan yang sangat impresif. Anda bisa mencapai angka 252 MB per second jika menggunakan flash disk yang 1 ini dalam proses baca tulis. Kecepatan an-nas menyamai kecepatan Kingston HyperX Savage walaupun sedikit lebih lambat bisa dibilang tetap setara dan tidak terlalu jauh bedanya. Dengan asumsi kecepatan adalah konstan maka proses data recovery anda dengan produk yang satu ini bisa mencapai 907 GB dalam 1 jam. Dengan demikian jika anda melakukan proses recovery data dari hardisk berukuran 80 GB ke flashdisk yang satu ini waktu total yang anda butuhkan adalah 317 detik atau masih sama di kisaran angka 5 menit.

  1. Lexar JumpDrive P20 USB 3.0 64GB

Flash disk berikutnya yang memiliki kecepatan luar biasa adalah Lexar JumpDrive P20. Mungkin banyak dari kita yang tidak mengenal nama Lexar karena memang tidak sepopuler merk Kingston atau Corsair kalau di Indonesia. Akan tetapi bukan berarti merek Lexar adalah merek yang jelek, bahkan merk ini sudah ada lama di Indonesia yang menandakan bahwa produk ini cukup bagus sehingga masih bisa bertahan di market, hanya saja memang popularitasnya yang kurang.

Kecepatan baca tulis dari flashdisk yang satu ini mencapai 247 MB dalam setiap detik, itu berarti anda bisa menghasilkan kan data sebanyak 889 GB selama 3600 detik pengoperasian flash disk ini.

  1. SanDisk Extreme Pro USB 3.1 256GB

Untuk posisi nomor 4 kembali diisi oleh salah satu merk populer yaitu SanDisk Extreme Pro. SanDisk adalah merek yang sekarang dimiliki oleh salah satu produsen hardisk terbesar di dunia yaitu Western Digital, setelah proses akuisisinya diselesaikan dalam beberapa tahun yang lalu.

SanDisk adalah produsen flash disk yang cukup populer terutama dengan serinya Cruzer Blade. Akan tetapi seri Cruzer Blade kurang kami sarankan jika anda menggunakannya untuk proses pemulihan data yang tentunya melibatkan banyak sekali data. Yang cocok adalah versi ini, SanDisk Extreme Pro.

Kecepatan baca dari flashdisk yang satu ini ini berada di posisi keempat dengan angka 246 MB dalam setiap detiknya. Jika angka itu rata dalam 1 jam maka 885 GB adalah angka yang dihasilkan. Sebuah angka yang sangat impresif bagi sebuah flash disk kecil.

  1. Corsair Flash Voyager GTX USB 3.0 128GB

Di posisi kelima kali ini kembali berasal dari merk Corsair, tepatnya pada varian Corsair Flash Voyager GTX. Kali ini mungkin angkanya agak berbeda jauh yaitu itu di angka 204 MB per second, atau turun sekitar 53 B per detik dibandingkan juara pertama kita dalam pembahasan kali ini. Akan tetapi menurut kami angka ini masih tetap OK, karena masih ada di atas batas psikologis 200 MB per second. Untuk angka dibawah 200 MB super second rasanya kurang cepat menurut standar kami sebagai jasa recovery data. Dan flash disk yang satu ini ini masih memenuhi standar kami tersebut walaupun angkanya tidak besar.

Hitung-hitungan dengan angka 204 MB per second maka anda bisa melakukan baca dan tulis data sampai 734 GB dalam setiap jamnya menggunakan Corsair Flash Voyager GTX, dan ini adalah angka yang cukup baik. Dengan angka itu anda bisa lakukan restorasi data sekitar 1-2 jam saja untuk hardisk yang ada di pasaran saat ini pada umumnya.

Baiklah cukup dahulu untuk update kali ini. Moga posting ini berhasil mencerahkan terkait jasa recovery data dan segala hal terkait cara mengembalikan file/folder yang terhapus/hilang, mengatasi hard disk/flash disk tidak terbaca, dst. Moga tutorial ini sedikit membuka wawasan mengenai segala sesuatu ini.

Data Anda rusak? Ingin bisa dibaca lagi? Klik di sini untuk mendapat solusi!